Tips Memilih Melon

Setelah sekian lama jarang sukses mendapatkan melon yang manis, akhirnya saya tahu juga ciri-ciri fisik melon yang manis dari seorang pedagang buah melon. Sepertinya tidak semua pedagang melon mengetahui hal ini. Sebab sering kali saya dipilihkan melon oleh si penjual tetapi rasanya tidak manis.

Melon yang manis itu permukaannnya dipenuhi urat-urat yang sangat menonjol. Urat-urat tersebut menutupi warna dasar kulit melon. Perlu diketahui, kulit yang berwarna kuning tidak menjamin bahwa melon tersebut manis.

melon tua

Foto melon yang permukaannya dipenuhi urat-urat. Sumber: Google

Timbul pertanyaan mengapa urat-urat melon menentukan rasa manis atau tidak buah tersebut.

Kebetulan tetangga sebelah rumah saya menanam biji melon dipinggir jalan depan rumahnya. Ketika pohon tersebut mulai berbuah, jadilah saya memperhatikan perkembangan buah melon. Ternyata buah melon yang masih kecil permukaannya mulus seperti bola pimpong. Pada perkembangan berikutnya muncul urat-urat yang makin hari makin menonjol sehingga menutupi permukaan kulit melon.

pohon melon

Foto melon yang masih muda tidak terdapat urat. Sumber: Google

About these ads

7 thoughts on “Tips Memilih Melon

  1. Trimakasih banget atas tips2 nya. Kebetulan saya akan membuka toko buah bulan depan. Dengan adanya tips ini, saya lebih bisa tau cara memilih buah melon yang manis. Makasih….:)

  2. saya juga sedang menanam pohon melon. walaupun pekarangan rumah saya tidak luas. tapi jujur, saya sangat senang ketika biji melon yang saya tabur, akhirnya tumbuh menjadi pohon. tapi gk tau bisa berbuah atau tidak. tapi yang jelas sekarang buahnya sudah sebesar kepalan tangan. mudah-mudahan saya, keluarga dan tetangga bisa menikmati buah melon. amin. mohon doa restunya. makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s