Tips Menjadi Juara Kelas

Artikel ini ditulis berangkat dari keprihatinan bahwa banyak anak didik saya yang terancam tidak naik kelas.
Kebetulan saya mengajar disekolah tempat saya mengenyam pendidikan SMA dulu. Ya… saya mengajar di almamater saya.

Waktu saya SD sampai SMP boleh dibilang dengan berleha-leha saja nilai saya sudah bagus. Trus waktu mau masuk SMA, saya dan beberapa teman atas saran wali kelas kami pindah rayon. Kami mendaftar di sekolah yang lebih baik. Bahkan terbaik se kodya Jakut. Kalau orang tua saya sih pertimbangannya karena SMA ini dekat dari rumah sedangkan SMA yang sesuai dengan rayon SMP saya jauh.
Ulangan pertama mapel matematika dapat 3,5 (nilai maksimal 10) saya langsung shock. Pertama kali dalam sejarah akademik nilai saya sejelek itu. Saya yang selalu masuk rangking 5 besar sekarang dapat nilai segitu jeleknya. Waktu itu saya berkesimpulan bahwa sekarang saya tidak lagi berada di komunitas kelas “kucing” tetapi sudah di komunitas kelas “macan”. Harus ganti strategi.

Ini dia resep rahasia saya:

resep pertama percaya pada kemampuan diri.
Jangan mengandalkan orang lain jika mau mengubah nasib kita. Selama IQ kita normal maka kita juga masih mampu sehebat orang lain. Jangan mengandalkan si A, si B atau siapapun. Juga kertas-kertas contekan dan sejenisnya.
Selama SMA wali kelas mempercayai saya untuk menulis rapor. Jadi sebelum hari h saya sudah tau saya ini naik kelas atau tidak, saya peringkat berapa, bahkan saya tau teman-teman saya yang tidak naik kelas beserta permasalahannya. Teman-teman saya sampai kami tamat SMA tidak ada yang tau kalau rapor mereka adalah tulisan tangan saya. Jika saya punya reputasi jelek maka tidak mungkin saya mendapatkan kepercayaan sebegitu besarnya. Nulis rapor…Man!
Khusus kertas contekan saya punya cerita: andai kita selalu mengandalkan kertas contekan selama sekolah sampai kita menjadi seorang ahli. Jadi dokter misalnya. Semua orang menganggap kita hebat begitupun orang tua kita. Suatu saat orang tua kita sakit mendadak, parah dan harus secepatnya dioperasi. Mereka hanya mau dioperasi oleh kita, anaknya yang mereka anggap hebat. Kita harus nyontek dulu. Nyontek buku kedokteran yang setebal batu bata. Waktu terus berpacu. Apa jadinya? Di saat orang tua mengandalkan kemampuan kita. Kita tidak mampu segera menolongnya.

resep kedua tentukan waktu belajar.
Saya memilih waktu belajar saya di rumah. Jam belajar saya dirumah adalah dari jam 21.00 s.d 02.00. Karena pada saat-saat tersebut saya lebih bisa berkonsentrasi.
Pulang sekolah saya kursus sampai di rumah menjelang magrib. Setelah sholat magrib saya tidur dan bangun jam 21.00 untuk mulai belajar. Ditemani siaran radio dan kadang-kadang alunan intrumentalnya kenny g. Ternyata alunan musik instrumental bisa membuat kita lebih berkonsentrasi loh. Btw, intrumental kenny g yang paling saya sukai adalah the moment dan sentimental.

Kalau hari sabtu sampai minggu sore saya libur belajar di rumah. Saya bersenang-senang keliling kota naik bis. Dulu saya suka nyobain naik bis rute yang saya belum tau. Kadang saya makan-makan di mal. Untuk kegiatan terakhir ini saya harus nabungin uang jajan dulu.

resep ketiga review pelajaran.
Jika disekolah saya menyalin materi di kertas coret-coretan. Pada malam harinya saya menyalin kembali coret-coretan tersebut di buku yang bersesuaian. Berarti secara tidak langsung saya jadi mereview materi tersebut. Sambil dihias dengan indah, untuk rumus diberi stabilo atau ditulis dengan warna tinta yang berbeda misalnya. Karena kalau catatan kita rapi dan indah tentu kita akan senang membacanya.
Kemudian saya mencoba latihan soal semampu saya. Kalau ada pekerjaan rumah (pr) maka pr lebih saya utamakan. Saya selalu berusaha mengerjakan pr by my self. Dulu kami suka mengintip buku-buku apa yang dipakai guru-guru kami, kemudian kami juga usahakan punya buku tersebut. Pasti soal-soal ulangan dari buku-buku tersebut. Untuk ulangan yang bersifat hapalan biasanya saya membaca materi sambil merekam suara saya. Kemudian rekaman saya putar ulang sambil saya baca lagi materi tersebut. Jadi mata dan telinga kompak mengirim informasi ke otak saya.

resep keempat disiplin diri.
Kalau sudah menetapkan waktu belajar, berarti harus disiplin. Jangan janji tinggal janji, rencana tinggal rencana.  Harus ada motivasi kuat untuk menjadi lebih baik.

resep kelima minta orang tua agar mendoakan kita.
Selain kita sendiri juga harus berdoa untuk melengkapi ikhtiar yang telah dilakukan. Minta juga orangtua mendoakan agar kita berhasil, terutama di saat-saat menghadapi ujian sekolah. Memang semua orang tua pasti mendoakan anak-anaknya, tetapi tidak ada salahnya jika kita secara eksplisit meminta agar mereka mendoakan kita lulus ujian.

InsyaAllah sukses naik kelas. Jangankan untuk naik kelas, berdasarkan pengalaman saya resep tersebut mampu mengantarkan saya mendapat peringkat pertama dari jumlah siswa lebih kurang 48 perkelasnya. Di SMA terbaik se kodya Jakut.

Saran saya buat para siswa-siswi. Lebih giatlah belajar. Persiapkan masa depan. Luas permukaan bumi tetap sedangkan jumlah manusia terus bertambah. Persaingan hidup makin ketat.

About these ads

113 thoughts on “Tips Menjadi Juara Kelas

  1. bu lenii
    thx atas resep jituy nY

    oia
    saya akan coba u/ mengonsumsi resep yang telah ibu berikan

    doakan aku iia

    uR sTyuDenTzS

  2. Assalamualaikum…Wr.Wb

    Wah resepnya bagus -bagus semua bu…

    (tapi saya belum tentu bisa melakukannya hehehe….)

    insya Allah saya akan mencoba resepnya…

    doakan saya ya bu untuk bisa naik kelas….

    sekian saja dari saya kurang lebihnya mohon maaf…

    Wassalamualaikum Wr. Wb

  3. Assalamualaikum Wr. Wb.

    ibu saya tidak bisa bangun pukul 21.00 kalo tidur abis maghrib, malah kebablasan sampai subuh. Solusinya kira – kira bagai mana ?
    Thanks for your advice !!

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  4. evning bu..
    oia mw tnya,,
    kalo buat supaya ngga tidur gimanah bu??
    apa ibu tiap hari minum kopi??

    bls iia bu
    thx
    arigatooooo

  5. Ibu Leni…
    Terima kasih Ibu telah mengajar di kelas XI SOC 4…
    Yang terkenal dengan ke Badung-annya.
    Dinda mohon supaya Ibu mendoakan Dinda supaya naik kelas…

    Sebelumnya dinda menucapkan terima kasih banyak…

    Salah satu murid Ibu di kelas XI SOC 4

  6. aku sdh nyobain tipsnya,, ternyata jitu bgt

    bukannya sombong,, tp aku sdh jd juara umum satu sekolah gara2 tips ini,, padahal dulunya aku anak yg terkenal bodoh,, gk pernah msk 10 besar,, bahkan selalu ranking terbawah.
    trims buat tipsnya

  7. ibu saya putri suryani kelas 8 di SMPN 1 Jakarta :)
    hmm bu setiap hari saya selalu di sibukkan dengan kegiatan les yang segudang maka itu saya bingung bagaimana menentukan waktu belajar ?
    tolong bu bantu saya ..
    terima kasih ya bu sebelumnya ..
    dan salam kenal bu :)

  8. Kalau kamu les pelajaran sekolah, maka manfaatkan sebaik-baiknya untuk belajar pelajaran tersebut. Kamu beruntung bisa tanya langsung ke guru les kalau ada yang gak paham.
    Kalau les bukan pelajaran sekolah, maka manfaatkan potensi kamu diluar bidang akademik. Akan menjadi nilai lebih buat kamu.
    Tetap semangat. Semoga sukses.

  9. Leni.. btw saya temen Ech :) Sayang belum pernah ketemu ya. Ponakan saya baru lulus masuk sma favorit di bdg. Nggak nyangka karena anaknya nggak pernah kelihatan belajar.. yang kelihatan cuma maen games (hp), maen games (komputer), maen games (online ke warnet). Di rumah baca komik. Pokoknya gak pernah belajar deh. Tapi ternyata kt ibunya dia nggak pernah turun dari rangking 3.
    Beda sama kakaknya. Kakaknya sering belajar dan bikin PR tapi nggak pernah rangking di sekolah.

    Tapi di attitude beda juga.
    Ponakan saya yang pinter nyebelin banget. Cengeng. Kalo dipanggil nggak pernah nyaut. Adiknya minta tolong nggak pernah mau bantuin. Sibuk sendiri.
    Ponakan saya yang nggak pinter, anaknya menyenangkan. Baik hati, sama adik2nya perhatian, bisa dikasih tanggungjawab.

    Kira2 kalo keduanya sudah lulus, mana yang akan berhasil ya?

    Mudah2an ponakan saya yang ketiga bisa menyerap hal yang bagus2 dari kedua kakaknya he he..

  10. thank’z banget y bu!!! atz resepnya…….
    tuch brarti get buat sya krn saya susah get untk membiasakan
    diri dengan yang namanya disiplin belajar….

    pokok ke tuh resepppp ….

    ma’nyuzzzzzz…..

  11. kebetulan saya juga dulu sering dapat juara kelas, resep2nya ada tapi saya ga bisa membuat tulisannya, da satu resep mungkin saudara-saudara mau coba supaya kalo lagi belajar malam ga ngantuk pilih salah satu :

    1. minum kopi pake garam dikiiit aja, sekira separuh dari biji kedelai.
    2. Isi ember dengan air dingin, waktu belajar, celupin tuh kedua telapak kaki kita ke dalam ember berisi air tadi.

    selamat mencoba.

  12. belajar udah sih bu , kalo aktif di kelas pengaruh ga sih bu sama nilai , perasaan kalo ada diskusi saya aktif bu dikelas , tapi kok peringkat ga memuaskan ya bu ? ada faktor apalagi ya bu ?

  13. thx ea buq, resepna. . . . .

    wlopun masih mau di cobbha, tapi aq yakien, pasti resep dari buq tu mempand se x. . .

    thx buq. . . :-)

  14. makasih ya…. tipsnya! ;)
    semoga fira bisa masuk 5 besar,kalau bisa rangking1
    hehehe…..

    tolong doain ya,semoga do’a nya dikabulkan oleh Allah swt..
    aminnn……

    makasih sebanyak banyak nya <3

  15. hari ini juga fira baru mulai ukk(ulangan kenaikan kelas)
    tapi fira udah belajar dengan sungguh2
    “ya Allah hambamu ini ingin masuk rangking 5 besar,kalau bisa rangking1,ya Allah tolong kabulkan doa ku ini,aminnnn,,….” :)

  16. wah poeting lama yang masih uptodate… saya terkesan dengan masa belajar b rleni….pelajaran saya: kebanyakan org berhasil punya sejarah perjuangan yang baaik….

  17. sebnrna sya ini lgi sdih..sya dpet ranking 4..tapi aneh bin aneh amat!nilai jmlh rta2 sya khn lbh bsr dripda dia,kok dia jdi rank 3?trima kasih ya atas tipsnya..aq akn ikutin tips dari kakak..makasi banyak ya..

  18. Bu…terimakasih artikelnya. AKU AKAN MENCOBANYA.
    kalo bleh curhat sedikit bu…
    aku selalu nangis saat aku pulang membawa nilai yg selalu d bawah 5…

    aku malu banget ama temen2 asramaku.
    gak tau apa yang terjadi dengan kehidpanku…

    yang tadinya di SMP aku selalu jadi juara umum.
    pas masuk ke sekolah unggulan, nilaiku jadi anjlok banget.

    kalo ibu bisa ksih saran lagi… pintu hati terbuka lebar bu…

    terimakasih atas bantuannya bu.

    • Dicari akar permasalahanya. Apakah masalah adaptasi dengan lingkungan, masalah dengan lawan jenis, atau strategi belajar yang perlu diperbaiki.
      InsyaAllah setiap orang memiliki kemampuan mengatasi masalahnya. Bukankah Allah SWT tidak pernah membebani seorang hamba suatu masalah yang melampaui kemampuan hambanya tersebut dalam mengatasinya. So, optimis bahwa kamu dapat mengatasinya.
      Ok. Tetap semangat.

  19. Assalamualaikum bu, saya seorang murid SMP faforit tepatnya kelas 9. saya kebingungan untuk membagi waktu antara belajar dan les. setiap hari pukul 17.30 saya baru sampai rumah (sudah termasuk sekolah dan les (pelajaran) ). belum juga PR segudang dan ulangan harian yang membebani saya. nilai saya’pun semakin merosot karena tdk percaya dri menghadapi pesaing2 di kelas saya. mohon saran ibu, terimakasih. wassalam.
    (。◕‿◕。)

    • ‘alaikum salam wr wb. kamu harus tentukan skala proritas, mana yang tidak penting, penting, dan sangat penting. kalau masalah les, sebaiknya pilih les yang bersesuaian langsung dengan kebutuhanmu. maksudnya gini, tujuan seseorang mengikuti kegiatan tambahan (les) diantaranya adalah untuk memantapkan pemahaman mengenai pelajaran yang bersangkutan, dapat mengonsultasikan pr, pada akhirnya dapat meningkatkan nilai akademik. kalau kamu merasa les mu sekarang belum memenuhi kebutuhanmu maka kamu dapat mempertimbangkan mencari tempat les lain yang lebih sesuai. trims. tetap semangat.

  20. Bu…saya sekarang inisd kls 4 bagaimana cara mengalah kan teman teman saya ? saya sudah les kemana mana. tetapi tidak ada yang berhasil.dulu saya parnah les di wali kls saya.alhamdullilah dapat juara 1 tapi ketika

  21. bu….saya thasya.saya kls 4 sd. saya mau nanya bu.bagaimana cara menjadi anak yg pintar dan mengalahkan teman teman dari kls 1 teman thasya ada yg namanya AAN dan AYU dia dari kls 1 juara 1 / 2 terus bergantian.saya iri melihatnya . saya pernah les dimana mana tidak ada yg berhasil.tapi pernah saya les ditempat wali kls saya , waktu saya kls 3.alhamdullilah saya juara 1.saya kaget .mengapa kok saya bisa .dan saya naik kls 4 ibu guru kls 4 pindah.menjadi kepsek sekolah lain.akhirnya guru pengganti kls saya guru kls 3 dulu. dan saya les lagi rupanya saya menjadi rengking 5 .dan teman saya yang baru les ditempat ibuk guru saya ini mendapat juara 1 . dan saya sedang les ditempat guru cadangan sd saya dulu alhamdullilah saya senang.trimakasih bu tlh membolehkan saya mengungkapkan sesuatu disini.

  22. Alhamdulillah , semenjak saya mempratikkan tips ini,dan hasilnya pun memuaskan saya jadi bisa meraih peringkat 1 di sekolah saya

  23. askum bu… sy mo nanya
    apa bisa dari ranking 9 menjadi rankking 1 ??????????
    saya ingin sekali dpt rankking 1, biar bisa banggain org tua, minta tips utamanya donk bu biar bza jadi rankking 1 ????

  24. Bu tadi kemarin bagi rapot saya kaget ternyata saya juara kelas. Alhamdulillah.
    Saya ini menjaga kesehatan terus agar supaya anak pintar. Saya tidak pernah makan yg banyak tapi makan yg cukup, saya minum air putih terus gak pernah macam2, dan rajin ibadah sholat dan membaca al qur’an supaya saya ingat pelajaran semua.
    Ibu doain saya ya nanti semester 2 insya Allah semoga saya sukses dan juara kelas lagi. Amin

  25. terimakasih tipsnya…ceritanya sama banget kaya saya..waktu saya di smp saya sering dapat juara..bahkan juara umum tapi sekarang pas udah sma rangking dan nilai2 saya menurun, ga terlalu drastis sih..tapi cukup mengagetkan orang tua saya..saya bakalan nyoba tips2 yang ibu berikan..semoga berhasil..mohon doanya ya..

  26. mohon izin pakai caranya bu,saya baru kelas 1 SMA heheh saya mau mengubah pandangan orang terhadap saya dulu,karena dulu pernah tidak naik kelas saya dijuluki loon lah apa lah,pokoknya kata kata yang tidak meng-enakkan dihati,dan saya juga belum pernah sekalipun masuk 10 besar,sekarang saya punya ambisi untuk jadi juara kelas,allhamdulillah sekarang udah agak keliatan hasilnya,contohnya aja tadi UTS dapet nilai 100 hehehe pamer dikit hehehe terima kasih ya bu :)

  27. Wah mau saya coba bu.. bu share juga dong cara membagi waktu belajar antara Les, Berjualan dan Belajar dong saya kls 7 jeblok bu rankingnya gara2 hanya ngurus jualan online hehehe makasih sblmnya.

  28. lBehhhh keren nih resepnya. Akan saya konsumsi selama masih ada kesempatan di sela sela waktu. Bagus nih untuk memotivasi anak sekolah jaman sekarang.
    terimakasih atas sarannyaaaa. Heheheh…..
    :’)

  29. Dulu putra saya sering juara di SD dan SMP nya. Begitu masuk SMA 8 Jakarta. Tidak pernah juara lagi. Kasihan malah sering kalah dengan teman-temannya sesama SMAN 8 Jakarta

  30. bu Leni nama saya dinda,saya skrang klas 6 SD,waktu klas 1 sampai 5 saya peringkat 1 di kelas,waktu klas 1 sampai 5 kelas nya nggak di campur jadi satu dengan kelas A (saya kelas B dulu),tapi setelah kelasnya di campur saya merasa takut dikalahkan oleh teman2 saya yang dulu berada di kelas A karena mereka semua umurnya sudah lebih tua 1 tahun bahkan ada yang 2 tahun lebih tua dari saya,awalnya saya merasa takut dengan saingan2 saya yang bertambah banyak.Waktu itu ada tugas,saya tidak tau jawaban 1 soal saja,sya tanya kepada 1 teman saya yang dulu berada di kelas A tentang maksud dari soal tersebut tapi dia tidak mau menjawab dan nilai saya selisih 2 dari juara kelas A dulu..saya sempat sedih dan menangis tapi dihibur oleh kakak saya..dan akhirnya saya ceria lagi tapi masih cemas..tolong berikan saya solusi ya bu..agar saya dapat juara 1 lagi di kelas..trim’s bu sebelumnya..mohon di balas……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s