Jika Kamu Jurusan IPA

Jika kamu jurusan IPA maka salah satu syarat agar dapat melanjutkan ke kelas berikutnya adalah nilai-nilai pelajaran IPA tidak boleh merah. Logis memang. Tapi kalau direnungi lebih lanjut, apa iya? Bukankah tidak ada manusia yang sempurna dalam segala hal.

Mata pelajaran ciri khas IPA adalah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Karena saya guru mata pelajaran matematika maka saya contohkan matematika. Matematika sendiri diantaranya terdiri dari kalkulus, aljabar, geometri, dan statistik. Waktu saya kuliah, kami di jurusan ini dan juga mereka yang kuliah di jurusan-jurusan lain pernah mengalami yang namanya tidak lulus.

Saya sendiri pernah mengalami tidak lulus di mata kuliah struktur aljabar I. Diantara 79 teman seangkatan saya, hanya satu orang yang tidak pernah tidak lulus. Walaupun saya pernah tidak lulus pada salah satu mata kuliah tapi IPK saya selisih 0,3 lebih baik dibanding dengan IPK teman saya yang selalu lulus itu. Saya dan dia termasuk yang pertama lulus s1 di angkatan kami.

Memang, bangku kuliah berbeda bangku SMA. Tapi jika orang yang mempelajari satu spesifkasi mata pelajaran SMA di tingkat lebih lanjut aja tidak selalu lulus alias pernah dapat nilai merah. Kok ini yang mempelajari banyak hal yang berbeda diharuskan lulus.

Memang dasar waktu penjurusan adalah bahwa seorang anak yang dijuruskan ke IPA maka nilai mata pelajaran ciri khas IPA tidak boleh merah. Di jurusan IPS syaratnya juga sama. Tapi jika seorang anak ada satu nilai merah di mata pelajaran ciri khas IPA,ada satu nilai merah di mata pelajaran ciri khas IPS, dan anak ini masih bisa dikategorikan naik kelas maka lucunya pasti dia masuk di jurusan IPS.

Kalau memang keputusan salah satu syarat agar dapat melanjutkan ke kelas berikutnya berdasarkan kepada syarat waktu penjurusan. Ya… itu seh memang lain lagi ceritanya. Mungkin saja si pembuat kebijakan berpikir masa’ ketika penjurusan saja nilai mata pelajaran ciri khas tidak boleh merah, eh setelah di juruskan kok malah boleh merah. Kalau sudah begitu, selamat berjuang agar naik kelas deh. Semoga sukses ya.

About these ads

66 thoughts on “Jika Kamu Jurusan IPA

  1. Gak lah. Biasa aja.
    Dulu seh saya sekolah dari hari senen sampai sabtu. Jam 7.00 – 13.15.Trus Kursus seminggu 3x jam 14.00 – 16.00. Pulang ke rumah magrib. Istirahat sampai jam 19.00. Tidur dulu jam 19.00 – 21.00. Belajar jam 21.00 – 2.00.
    Kalau sabtu pulang skul sampai minggu sore libur belajar. Minggu malam mulai lagi mempersiapkan diri buat hari senen.

  2. Biasanya untuk dapat diterima di jurusan IPA berarti nilai-nilai mapel ciri khas IPA tidak boleh di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
    Mapel ciri khas IPA yaitu mat, kim, fis, bio. Sedang nilai KKM pada setiap sekolah berbeda.
    Begitu juga untuk dapat diterima di jurusan IPS. Nilai-nilai mapel ciri khas IPS tidak boleh di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).

  3. menurut mu…misalkan mata pelajaran cri khas IPA milas KKM nya sepeti:
    biologi 7
    mtk 7
    fisika 7
    kimia 7

    jadi kita ambil rata2 nya 7 +7 + 7 +7 /4 = 7

    begitu juga dengan IPS kita ambil rata2 nya juga…

    jadi siswa yang pengen msuk ke jurusan IPA harus rata2 7 pada mapel jurusan IPA,menurutmu bisa g kyak gtu….

  4. menurut ibu’…misalkan mata pelajaran cri khas IPA nilas KKM nya harus 7 jadi:
    biologi 7
    mtk 7
    fisika 7
    kimia 7

    jadi kita ambil rata2 nya 7 +7 + 7 +7 /4 = 7
    jadi siswa yang pengen masuk ke jurusan IPA harus rata2 7 pada mapel jurusan IPA,”

    bgtu juga dengan IPS….

    menurut ibu gmana,.. bisa g kyak gtu…

  5. Kalau di sekolah saya kurang lebih seperti itu.
    Kalau kebetulan rata-rata mapel IPA sama baiknya dengan rata-rata mapel IPS, lihat minat dan hasil tes psikologi si anak. Hasil tes psikologi biasanya ada di guru BP.

  6. biasanya ketuntasan mapel ipa (biologi, kimia, fisika, matk) biasa nya masing2 pelajaran nilainya berapa ya bu….

    begitu juga ketuntasan mapel ips (geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi ) biasanya masing2 pelajaran nilai nya berapa….

  7. sekarang kan penjurusan dimulai kelas 2..

    itu nilai yang jadi patokan nilai semester 1 apa semester 2…

    trus..

    jadi
    untuk masuk ke jurusan ipa rata2 harus berapa…
    untuk masuk ke jurusan ips rata2 harus berapa…

    @rleni
    mat x = 63 itu maksudnya gimna…
    itu rata ipa atau ips…
    atau rata2 semua pelajaran…

    terimakasih..

  8. Tiap sekolah punya standar yang beda.
    mat x adalah nilai matematika kelas x smu. kkm mat ipa lebih tinggi dari kkm mat ips karena mapel mat termasuk ciri khas jurusan ipa

  9. saya nike jurusannya IPA, saya baru lulus sma, saya mau melanjutkan kuliah tapi bingung mencari tempat kuliah ataupun jurusannya mohon petunjuknya terimakasih

  10. Qu.. pengen masuk .. IPA..,tapi keliatannya IPA bakal ribet,,,, bgt,, ya????

    Atau cuma perasaan qu aja????
    EMang.. di IPA gimana sih??

  11. mba mang kalo msk jrsn ipa,kalo kita kuliah pa ja ya jrsn’a???
    trus llsan ipa biasa’a krj’a jd pa ja si??
    slain dktr taw pa lah..

  12. duhhh,,, lg bingung nih. masuk ipa atsau ips eah,, pengen masuk ipa tapi nilai mtk ma fisika aq jlek.
    bio ma ipa sih lumayan.
    memang dari dulu aq nya kalo nerima mapel mtk tuh susah bgt masuk di kepala, tapi disisi lain q juga ada niat serius belajar kalo udh masuk di jurusan ini >.<
    mohon kasih masukan ibu,,,
    supaya ngga salah dlm mnentukan jurusan ^^

    • Bener nih minat di IPA? Kalau minat di umpakan setara dengan cinta. Dan cinta butuh pengorbanan. Maka apakah yang kamu lakukan sudah cukup? mengingat nilai akademik kamu di IPA tidak mencukupi. Ada yang perlu kamu tinjau ulang dengan “minat” kamu di IPA.

  13. Bu, jika saya ini mau masuk IPA, tapi saya pernah merokok, apa bisa saya masuk jurusan IPA? mohon bantuannya bu :)

  14. saya mungkin lebih cocok untuk di jurusan ipa, karena saya orangnya suka berhitung dan berpikir logis. tapi, saya bingung kalo saya sma nya di jurusan ipa saya mau kuliah di jurusan apa, dan kelak ingin menjadi apa? :(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s