Cara Membuat Susu Kedelai

Saya tidak suka susu sapi murni karena baunya amis. Kalaupun ada campuran rasa, yang saya suka cuman susu ultra rasa coklat. Itu saja. Merek lain kurang suka. Tapi beberapa tahun terakhir ini saya mulai menggemari susu kedelai.

Karena suka dan bahan bakunya relatif murah, saya jadi tertarik mencoba membuat susu kedelai sendiri. Saya bertanyalah kesana-sini. Pada eksperimen-ekperimen sebelumnya kegagalan saya adalah ada endapan pada susu kedelai. Kadang susu masih terasa langu. Pernah juga waktu dimasak eh malah ada tahu di lapisan atas susu. Setelah beberapa kali gagal akhirnya saya memperoleh ramuan yang pas.

Senang akhirnya saya bisa menmperoleh ramuan yang pas. Ramuan yang pas itu adalah…

Bahan:
1/2 gelas kedelai
dua lembar daun pandan
sebungkus vanili
3 sendok makan gula pasir
sedikit garam (kira-kira seujung sendok teh)
sedikit maizena (kira-kira seujung sendok teh)
4 gelas air (satu gelas untuk merendam kedelai dan sisanya untuk merebus kedelai)

Cara membuat:
Rendam kedelai dengan segelas air selama semalam. Setelah itu tiriskan kedelai dan kupas kulit arinya. Kedelai yang sudah dikupas kulit arinya tersebut dicampur dengan semua bahan. Masak sehingga air mendidih. Setelah mendidih adonan didinginkan. Blender semua bahan tersebut kecuali daun pandan. Saring adonan dengan kain. Susu kedelai siap disajikan. Tambahkan es agar lebih nikmat.

Tips:
Menyaring susu kedelai harus dengan kain. Kalau menyaringnya dengan saringan biasa maka serat kedelai masing bisa lolos melewati saringan.

About these ads

48 thoughts on “Cara Membuat Susu Kedelai

  1. Usaha bikin Susu Kedelai barangkali bisa dijadikan alternatif usaha sampingan di rumah dengan pasar sekitar perumahan atau dititipkan di warung, koperasi, rumah sakit dll. Apakah susah bikin Susu Kedelai yang nikmat dan TANPA rasa langu? Ternyata tidak! Saya sendiri telah buktikan.

    Beberapa waktu yg lalu saya telah membeli alat pembuat susu kedelai dan prosesnya ternyata sangat simple dan tanpa ribet. Ya.. cukup Masukkan kedelai yg telah direndam kedalam mesin maka keluar Susu Kedelai yg nikmat hanya dalam hitungan menit (+- 15menit). Bahkan Selama proses anda bisa lakukan sambil baca koran… sueerrr yakin dech. Berapa harga alat ini? Saya lihat harga terakhir skitar 1,4jt (import Taiwan) dg daya listrik 400 watt. Alat ini mempunyai 3 fungsi ganda. Memasak air, menggiling dan menyaring.

    Gimana potensi keuntungannya bila buat usaha? Ternyata SANGAT LUMAYAN. Dalam sekali proses (1,5lt) dibutuhkan modal 1800-2000 (hitungan sudah termasuk biaya listrik dalam sekali proses) dan anda bisa menjual 6000-10000 per 1.5 ltnya. Lumayan kan!

    Kalau ada yg berminat membeli alat ini silahkan kontak saya di 08886144805. Saya coba bantu anda untuk mendapatkan mesinnya.
    Tks

  2. Jawa Pos [ Minggu, 24 Agustus 2008 ]
    Susu Kedelai Cepat Saji Buatan Suharsi
    Rasa Lezat, Omzet Melesat
    (memakai mesin SoyaMilk Maker Kinichi)*

    Susu kedelai memang alternatif yang banyak dicari sebagai pengganti susu sapi. Selain rasanya nikmat dan biaya lebih murah, susu kedelai memiliki kadar protein yang sangat tinggi. Di tangan Suharsi, susu kedelai tersebut tidak hanya dikonsumsi sebagai minuman sehari-hari. Perempuan kelahiran 1 Maret 1948 itu juga menjadikannya sebagai bisnis sampingan yang menguntungkan.

    Lanjutannya silahkan baca di:

    http://sarikedelai.blogspot.com

  3. Kain yang dipakai jenis apa???
    kalo kita sembarang mempergunakan kain, kita terancam terkena keracunan akibat pewarna pada kain tersebut.. coba pikir bareng, kain yang direndam dalam cucian ja bisa luntur… apalagi kalo dipakai meres susu kedelai… mau sehat malah kejang-kejang…

  4. koq susu kedelainya ga dimasak dl br disaring???
    aq bqin susu kedelai koq susunya jd bergumpal waktu direbus???

    • Jika kedelai diblender, disaring, kemudian baru direbus maka susu kedelai suka menggumpal.
      Untuk menghindari kejadian tersebut maka proses ditukar. Kedelai direbus, diblender, lalu disaring.

      • jd…kedelainya direbus dulu, diblender dan disaring. Biasanya saya kebalikan dari ini, kudu diaduk terus sampai mendidih dan setelah mati apipun tetap diaduk sebentar biar ga pecah (kaya santan gitu). Thanks ya mba…

  5. Humz. . Yumy. .susu yg sgat nikmat. . Ni ptma kalix q minum susu kdlai. . Dkali ptma minum su2 kdlai, q mbwtx sndri. . Trimksh ats resepx. . Oy susu ini mgndung lemak g? Cz q bmslh dgn brt bdn. .hehe

  6. Jika ditambah ulasan mengenai manfaat dari susu keledai eehh…maaf ,..kedelei maksudnya, pasti lebih sip..
    Tapi ,terimakasih banyak artikelnya,bermanfaat dan mau dicoba nih..

  7. saya ingin tau resep dan cara yang baik dan enak membuat susu kedelai.jika ingin memberi rasa buah atau coklat atau lainnya sebaiknya menggunakan apa? bagaimana agar susu awet dalam kemasan plastik,adakah bahan pengawetnya?

  8. oh yaa susu ini bisa bertahan berapa hari?(misalnya kalo disimpan di dalam kulkas)
    btw makasih yaa resepnya…aku mau coba ahh…..

  9. SULE (Susu KedeLe)…Versi aku :
    -Rendam Kedele 10-16 jam
    -Blender Kedele yg udah direndem dgn air panas.
    -Dipanaskan sampe mendidih sambil diaduk
    -Dinginkan…. Saring…. Siap Saji!! Jamin Tidak Pecah
    KLo ada yg pesan jg boleh….hehehe..

  10. kalo tip aku sih …..rendam kedelai 1 malam sebanyak 1/2 kilo .masukan di dalam air mendidih sebanyak 6 gelas tambahkan gula 3 sedok jangan kemanisan nanti kencing manis…hiii….aduk2 20 menit k/l angkat saring dengan kain polos bersih peras ambil airnya jadi deh susu kedelai aku sendiri sih belum ncoba tapi hampir tiap hari liat ibu mertua masak susu kedelai dulu waktu hamil katanya supaya bebynya putih.hiiiii….hiiii

  11. Susu kedelai memang luar biasa manfaatnya. Sebagai susu alternatif, susu kedelai memberikan manfaat yang tak kalah dengan susu sapi. Protein nabati yang dikandung kedelai membantu asupan protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

    Dele Tidar
    Susu kedelai untuk ibu hamil
    Melayani delivery berlangganan (Sby-Sda)
    081938055379 (sms/tlp)

  12. Pingback: Cara Membuat Susu Kedelai Danish's Story | Danish's Story

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s