Pendidikan Adalah Suatu Investasi

Dulu sekitar tahun 1997, saya sedang menyusun skripsi. Karena alasan kepraktisan dan ekonomis, mayoritas teman-teman menyerahkan pengetikan ke rental skripsi. Biayanya relatif murah untuk satu paket pengetikan antara Rp 75.000,00 s.d Rp 100.00,00. Pokoknya urusan pengetikan naskah skripsi dijamin beres.

Memang menyerahkan pengetikan ke rental skripsi ada keuntungan dan kelemahannya. Keuntungannya adalah dengan beaya yang relatif murah kita tidak direpotkan untuk urusan pengetikan naskah skipsi.

Pilihan saya berbeda dengan teman-teman. Saya yang pada waktu itu juga belum bisa mengoperasikan ms office, memilih mengetik sendiri. Saya mengeluarkan beaya Rp. 150.000,00 untuk pelatihan operator for windows. Itu belum termasuk beaya sewa rental pengetikan materi skripsi saya.

Mengapa pilihan saya berbeda? Saya mengangap pelatihan ini adalah suatu pendidikan dan pendidikan adalah suatu investasi. Feeling saya mengatakan ketrampilan mengoperasikan komputer akan membantu pekerjaan saya di masa yang akan datang. Dan ternyata feeling saya benar.

Sekarang SAS ONLINE (Sistem Administrasi Sekolah Online) diterapkan di seluruh SMA di DKI. Untuk menggunakan program ini diperlukan ketrampilan dalam mengoperasikan komputer. Bagi guru yang tidak siap tentu hal ini akan sangat merepotkan mereka (tidak perlu saya tuliskan keluh kesahnya disini).
Paling tidak, peribahasa: bersakit-sakit dahulu bersenang senang kemudian memang benar adanya.

Leave a Reply

