Banyak siswa yang kebingungan ketika berhadapan dengan soal tentang aturan sinus dan aturan cosinus.
Ada tips dari saya. Tips ini saya dapatkan berdasarkan pengalaman saya mengerjakan soal-soal tentang aturan sinus dan aturan cosinus.
Tipsnya: waktu baca soal perhatikan ada berapa banyak ukurannya sudut yang diketahui.
1. Jika ada dua sudut yang diketahui ukurannya maka gunakan aturan sinus.
2. Jika hanya satu sudut yang diketahui ukurannya kemudian lihat pertanyaannya:
2.1 Jika ditanya ukuran sudut maka gunakan aturan sinus.
2.2 Jika ditanya panjang sisi maka gunakan aturan cosinus.
3. Jika tidak ada sudut yang diketahui ukurannya maka gunakan aturan cosinus.
Contoh 1:
Pada segitiga ABC dengan ukuran sudut B = 105°, ukuran sudut C = 45°, dan panjang AB = 10√2.
Tentukan panjang BC?
Jawab:
Banyak ukuran sudut yang diketahui ada 2 yaitu sudut B dan sudut C. Gunakan aturan sinus.
BC ÷ sin A = AB ÷ sin C
BC = (AB ÷ sin C) x sin A
BC = 10
Contoh 2:
Pada segitiga PQR diketahui panjang sisi RQ = 4, PQ = 8 dan besar sudut P = 30° . Tentukan nilai sin R!
Jawab:
Banyak ukuran sudut yang diketahui ada 1 yaitu ukuran sudut P = 30°.
Karena diketahui hanya satu ukuran sudut maka lihat pertanyaannya. Yang dintanyakan adalah nilai sin R. Gunakan aturan sinus.
sin R ÷ PQ = sin P ÷ RQ
sin R = (sin P ÷ RQ) x PQ sin R
sin R = 16
Contoh 3:
Jika pada segitiga ABC diketahui panjang sisi AB = 9, AC = 24 dan ukuran sudut BAC = 60°, maka panjang sisi BC = …
Jawab:
Banyak ukuran sudut yang diketahui ada 1 yaitu ukuran sudut BAC = ukuran sudut A = 60°.
Karena diketahui hanya satu sudut maka lihat pertanyaannya. Yang dintanyakan adalah panjang sisi BC. Gunakan aturan cosinus.
BC² = BA² + AC² – 2 . BA . AC . cos A
BC² = 441
BC = 21
contoh 4:
Pada segitiga PQR diketahui panjang PQ = 5, panjang PR = 6, dan panjang QR = 7. Nilai cos P = …
Jawab:
Jika tidak ada sudut yang diketahui maka gunakan aturan cosinus.
QR² = QP² + PR² – 2 . QR . PR . cos P
49 = 25 + 36 – 2 (5) (6) cos P
49 = 61 – 60 cos P
49 – 61 = – 60 cos P
– 12 = – 60 cos P
12 = 60 cos P
12/60 = cos P
1/5 = cos P
Alhamdullah kalau begitu. Kata murid-murid saya: semua soal emang gampang, masalahnya adalah bagaimana cara menentukan jawaban yang benar. Gampang atau bukan adalah suatu hal yang relatif. Sandainya semua murid saya berkemampuan seperti tukang sulap katamsa bdg 12344 sman 3 … Saya akan semakin berbahagia 🙂
saya gak mudeng bu 😦
maksudnya, sekolahnya di SMAN 3 Katamsa Bandung, kode pos 12344
Bohong Semua !!!
Intinya adalah kemauan yang besar dari sang anak dan pembelajaran yang tepat dari sang GURU !!
Maka semua soal pasti dapat di kerjakan…
jadi tidak asal menjadi guru… harus memiliki trik yang handal
swt-_-“
……Atuh atUH….
alhmDulilah da cara lain…..
Tipsnya bagus…, mohon ijin untuk dipublish di blog saya pak. thanks
Iya sama-sama
waduh udah ada di internet masih aja ga ngerti saya bu…
ga ada apa yah cheat atau cara curang dapet 100 di raport
Anakku, Dalam hidup carilah ridho Allah.
wah
ini toh blogspotnya ya bu
ko ga da ya ttg koordinat..???
Emang kamu ada masalah dengan materi tersebut?
tidak sih bu
tapi tadinya saya bingung, karena di ajari blum di ajarin sama ibu ttg materi ini
tapi alhamdulilah saya sudah mengerti
meskipun saat UTS ttg materi ini, saya salah menjawabnya T_T
maaf ya bu klo nilai matematika saya kurang memuaskan di bawah ajaran ibu
terima kasih atas tips2nya ya bu
Bukannya materi tsb udah dibahas.
assalamuallaikum……
kalo guru saya nerangin , .
pake a/sin A = b/sinB = c/sinC
, kalo aturan tangen kayak mana ???
buk, trigonometri banyak ya pembahsannya…??
teman2 saya sering ngeluh , kok susah hafalinnya….
ada trik mudah ga ,,
tuk menghafal rumus2 !!!
trus berikan penjelasan donk buk, tenteng persamaan trigonometri beserta pembahsan soalnya !!!!
Trim’sss.. ^^
Ya sama aja. Aturan tangens gak ada. Ntar insyaAllah ya.
Bu kalo soalnya kaya gini penyelesaiannya gmana??
Diketahui sgtiga ABC <B = 50°, <A = 80° dan AC + BC = 18cm. Hitunglah panjang
a. AB
b. BC
c. AC
pake gambar dunk biar jelas
asik besok ulangan blok ada tempat belajarnya
klw misal kn,
dik: a=6, b=4, dn sudut A= 60 derajat..
dit: unsur2 yg blum dketahui dr segitiga ABC??
mksih bnyak..
Misalkan pada segitiga ABC, a adalah sisi didepan sudut A, b adalah sisi didepan B, dan c adalah sisi didepan sudut C.
Diketahui a = 6, b = 4, dan sudut A = 60 derajat.
Tentukan unsur-unsur yang belum diketahui dari segitiga ABC.
Jawab:
Pilih unsur-unsur yang belum diketahui adalah c, sudut B, dan sudut C.
1) Menentukan sudut B
Karena diketahui a, b, dan sudut A maka tentukan sudut B dengan menggunakan aturan sin.
sin B = (b sin A)/ a
diperoleh sudut B.
Perhatikan bahwa karena segitiga ABC bisa berupa segitiga lancip atau segitiga tumpul, berarti terdapat 2 nilai sudut B.
2) Menentukan c
Karena diketahui a, b, dan sudut B maka gunakan aturan cos untuk menentukan nilai c.
b^2 = a^2 +c ^2 – 2ac cos B
Persamaan di atas merupakan persamaan kuadrat dalam variabel c.
3) Menentukan sudut C
Sudut C = 180 derajat – sudut A – sudut B.
masukan sangat bagus dengan demikian saya dapat menambahkan wawasan lebih dalam lagi tentang aturan cosinus dan sinus/?
Bgaimana jika yg dik. Cos a=3/5 n cos b=5/13. Dit sin c?
Bs djelasin.
Sbelum.a trima kasih
hmm… sya bgung. apa bedanya sudut B dengan besar sudut B? 60 mrupkan bilangan, tpi a,b,c itu bilangan bersatuan???????? BC=…… bkannya BC itu ada satuannya? trus penulisannya brati bkan BC, tapi IBCI =…..jka B dan C adlah titk sudut, jadi BC = kumpulan 2 titik sudut?
kalau ada soal begini, titik-titik A, B, C, dan D terletak pada keliling lingkaran. AB=1cm, BC=2cm, CD=3cm, AD=4 cm. sudut ABC adalah tetha. Nilai cos tetha berapa?
mau nnyak? Contah nmer 2 tu gmn cra kerany ya, kok hsilny sin 16 ?
iya ya, bukannya harusnya sin yang nilainya 1? jadi 90 derajat..
ini kalo gurunya cantik kyak ibuknya seneng terus belajarnya……..hahaahahh
klo mau nanya…penyelesaianya kyak gimana ya???
sebuah senapan pegas menembakakan peluru dengan membentuk 45° di atas horisontal. jarak horisontal tembakannya 32m
pertanyaanya.
untuk kecepatan awal sama berapa besar sudut laras untuk mencapai jarak 20m????
sedangkan kecepatannya tidak diketahui..
mau tanya, kalo pada segitiga ABC diketahui AB=8 BC=11 CA=5 jika alfa sudut dihadapan sisi BC maka 10 sin alfa =
terimakasih,,
tentukan dulu nilai cosinus alfa dengan menggunakan aturan cosinus, kemudian definisikan perbandingan trigonometri sinus alfa dengan menggunakan nilai cosinus alfa tadi. jangan lupa setelah diperoleh nilain sinus alfa, maka kalikan dengan 10.
contoh nomer 2 kayaknya salah yah?
ok dch, bisa dipahami 🙂
Assalamu’alaikum
saya baru belajar ini beberapa hari yg lalu tpi msih blm bsa bu.
Kalau soalnya kya gni gmana yah?
Dik: segitiga ABC dngn AB= 6cm, AC=5cm dan BC=4cm. Hitunglah bsar sudut B.
Bisa dijelasin gak bu?
Makasih
bagaimana cara mencari besar sudut jika nilai sinusnya lebih dari 1. misalkan sin R = 16, maka bsar sudut R nya berpa?
trimakasih atas ilmunya. sungguh bermanfaat..
Maaf mw bertanya bu.
Klo yg diketahui sin, cara cari sudutya bagaimana bu.??
assalamualikum..:-)
kalo soal nya seperti ini kyk mana cara cari jalannya
pada segitiga ABC diketahui a = 8, b= 9 dan sudut c = 60° Tentukan :
A. Panjang sisi c
B. sudut a
C. sudut B
assalamualaikum, ibu gimana penyelesaian kalo soalnya seperti ini :
Diketahui segitiga ABC dengan sisi a = 7 cm, sisi b = 5 cm, dan sisi c = 3 cm. Tentukan besar sudut alpha ?
makasih,wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
aku mau nanya contoh 1 kok 10V2 : 1/2V2 = 20
ket
V=akar
assalam…
maaf sebelumnya… untuk contoh soal nomor 2… kok saya ngitung Sin R = 1 yaah…
apakah saya keliru???
contoh 2 kok 1/2:4=2???? bukanya 1/2:4=8 jadi hasilnya 1
1/8 typo
bagaimana jika gunakan aturan sinus atau kosinus untuk menentukan panjang sisi atau sudut yang tidak diketahui .. msalnya yg d.ketahui AB:8m AC:8m <A:65derajat nah yang ditanya itu panjang sisi atau sudut BC ??? . tolong brikn jwban ny ya skrng
Bantu saya donk
Bantu ag dong jikasegitiga pQrst dik panjang pQ=24cm
Qr=20cm dan ps=16cm tentukan tinggi RT
bu, kalau saya soalnya kayak gini penyelesaiannya kayak gimana??…mohon bantuannya yha..
Sudut KLM dengan LM= 8cm , sudut K=30 derajat, sudut L= 105 derajat. hitunglah panjang sisi KL
Ass…bu kalau aku soalnya tentukan unsur” yang belum diketahui(panjang sisi,dan besar sudut)
Dik:AB=8cm
BC=6cm
B=60derajat
Tolong bantu jawab bu😊
Bu, boleh infokan cara untuk smk?
Bu, saya mau minta saran.
Di bawah ini diketahui panjang sisi sisi segitiga PQR. Hitung nilai sinus dan tangen untuk setiap sudutnya.
a. P=10, Q=14, R=20
b. P=11, Q=15, R=21
c. P=8, Q=12, R=17
Saya agak bingung. Saya mengerjakannya dengan cara mencari semua sudutnya menggunakan aturan cosinus, tetapi apabila semua sudut yang saya dapat dijumlahkan hasilnya bukan 180°.
Kemudian saya menggunakan cara lain lagi. Kali ini saya hanya mencari 2 sudutnya menggunakan aturan cosinus, lalu sudut ketiga dengan cara (180-(p°+q°)). Tapi saya menemukan keganjalan lagi, apabila 2 sudut yang pertama kali saya cari adalah r dan q, hasilnyaakan beda.
Akhirnya saya mendapat petunjuk dari brainly, tapi saya juga merasa cara ini tidak tepat, bagaimana pendapat ibu? Ini linknya bu 👇👇👇👇
Mohon bantuannya bu
Kan katanya kalo tidak diketahui sudutnya harus pake aturan cosinus. Itu kan diketahui cuma sisinya aja jadi udah benar.
mungkin di soal no.2 ibu pake sudut istimewa yg sin 30 jadi 1/2
jadi hasilnya 1/2 ÷ 4=2×8=16 bnr ga bu.?
saya juga waktu tadu ngitung hasilnya 1 karna pake tabel yg sin 30 =0,5000
ibuuu saya mau nanya lagi kebetulan besok saya ulangan saya mau nanya kalau ngitung besar sudut itu pake cosinus.? atau sinus.?
Terimakasih teorinya, sekarang saya tau kapan menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus
Bu pada contoh ke 3 cos A nya berapa ..tolong bu..lebih jelas penyampaiannya
Terimakasih. Sangat membantu