Saya dan Laptop

Sejak awal tahun ajaran 2006/2007 di sekolah saya wajib lima hari kerja. Mulai masuk jam 06.45 pulang jam 14.30. Wah… Btw, sejak masuk jam 06.45 pagi-pagi saya sering kebirit-birit padahal cuman selisih 15 menit dari jam masuk tahun-tahun sebelumnya. Dulu masuk jam 07.00. Perkara pergeseran jam tersebut juga gak ada sosalisasi dulu. Tau-tau di’gong’ masuk sekolah jam 06.45.Kalau dihitung dalam satuan jam pelajaran maka dalam seminggu kami kerja 40 jam. Padahal saya ngajar cuman 16 jam. Trus sisanya 24 jam ngapain donk? Ngoreksi? Khan gak tiap minggu ulangan. Duh, bakalan bosen banget neh.

Kalau pulang ke rumah saya gak mau membawa pekerjaan sekolah. Selain udah kecape’an juga sering digangguin anak saya. Padahal akhir-akhir ini pekerjaan saya disekolah selain ngajar banyak berkaitan dengan komputer, seperti mengentri data di sas-online misalnya. Gimana neh, dirumah gak bisa ngerjain tugas sekolah tapi disekolah banyak nganggur.

Saya gak suka pakai komputer punya sekolah. Menurut saya komputer itu haruslah aset pribadi. maksudnya, kalau saya pakai itu komputer maka orang lain jangan pakai komputer itu juga. Karena kalau pakai komputer milik umum suka banyak virusnya. Sebel kan kalau udah cape-cape ngetik malah hilang gara-gara virus. Apalagi data saya sering pakai gambar grafik dan notasi matematika.

Akhirnya dengan menguras tabungan saya. Saya merencanakan beli laptop. Saya dan suami hunting deh di Mangga Dua mall. Saya ingin punya laptop yang kecil dan ringan karena bakal digotong ke sekolah tiap hari. Wah ternyata laptop baru yang kayak gitu mahal euy. Rata-rata di atas 15 juta untuk merek Acer dan Toshiba. Jadi saya beli yang bekas aja. Toshiba Portege M100.

toshiba

Foto Toshiba Portege M100

Hari pertama saya bawa ke sekolah. Banyak orang naksir laptop saya. Bahkan pada gak nyangka kalau itu laptop bekas. Abis masih mulus seh. Btw, sampai tulisan ini diturunkan masih ada yang minta dicarikan laptop seperti milik saya. Saya bilang aja, laptop bekas itu gak selalu ready stock. Kudu rajin-rajin hunting. Sebaiknya cari sendiri aja.

Saya puas dengan laptop saya. Pada awalnya pekerjaan saya di saat tidak mengajar adalah mengarsipkan soal-soal matematika. Jadi soal-soal tersebut diketik ulang dan dikelompokkan sesuai materi kelas berapa. Alhamdulillah untuk kelas X dan XI udah selesai sedangkan kelas XII lagi proses.

Suatu hari sabtu seminggu sebelum banjir bandang melanda Jakarta 2 februari 2007, saya membaca iklan di harian Kompas bahwa penerbit Esis sedang menerima naskah pelajaran. Saya berpikir kenapa gak saya lengkapi soal-soal dengan materi yang bersesuaian sehingga suatu saat bisa jadi naskah pelajaran. Saya ingin suatu saat nanti saya punya buku pelajaran hasil tulisan sendiri. Doain sukses ya! Selain ingin punya buku pelajaran hasil tulisan sendiri, saya juga ingin kuliah s-2 di PTN non-ikip.

Oya, saya pernah diterima di program s-2 ikip malang jurusan pendidikan matematika dan pra magister matematika itb pada saat yang bersamaan di tahun 1999. Waktu itu saya baru lulus dari ikip malang. Saya juga diterima bekerja di yayasan ima indonesia. Saya memilih bekerja. Saya berharap suatu saat insyaAllah saya akan kuliah lagi. Aamiin…Kadang kala saya suka cari-cari info beasiswa s-2 di google siapa tau ada yang bisa saya apply. Saya sering nginternet disekolah. He…he…he… Abis kalau dirumah bisa jebol tagihan telepon saya. Lha wong jarang nginternet aja tagihannya udah mahal.

Dengan punya laptop sendiri saya bisa belajar banyak. Seperti minggu lalu, bersama dua orang teman guru, kami belajar bikin blog. Lho? saya kan punya blog, kok masih belajar bikin blog?

Begini, blog saya ini adalah hasil bikinan suami saya. Katanya, biar saya bisa latihan nulis. Saya tinggal pakai. Trus dua orang teman pengen tau bagaimana cara buatnya. Saya bilang blog saya ini hasil bikinan suami. Tapi saya juga gak mau mengecewakan teman-teman yang semangat belajar. Jadilah saya ngajarin mereka dengan trial and error method alias cara coba-coba . Eh, tapi sukses loh. He..he..he.. Sekarang dua teman saya itu punya blog juga.

Pertama kali mau taruh tulisan di blog, bingung juga🙂 sampai bolak-balik telepon suami. Tapi lama-lama jadi familiar kok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s