Wanita Cantik

Walaupun bukan orang yang hobi nonton tivi, saya ini termasuk pemerhati iklan. Mungkin lebih tepatnya sebagai komentator iklan. He…he…he…. Terutama iklan yang kebangetan.

Pengertian iklan menurut kamus besar bahasa Indonesia terbitan balai pustaka adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Semua produsen berlomba-lomba mempengaruhi konsumen agar membeli produk mereka. Gak masalah jika barang-barang yang dibeli memang barang-barang yang kita butuhkan. Tapi apakah benar bahwa dasar keputusan kita untuk membeli suatu barang adalah kebutuhan? Atau hanya keinginan semata.

Terlebih lagi jika uang yang kita belanjakan itu lebih besar dari penghasilan atau uang saku kita. Sehingga kita terjerumus melakukan hal-hal yang gak benar. Kalau kita gak perbaiki sikap bisa jadi kita bakal terlilit hutang sana-sini.

Kita adalah konsumen dan kita selalu bertindak layaknya konsumen. Tapi pernahkah kita menempatkan diri sebagai produsen? Saya pernah. Sebagai produsen tentu saya ingin barang saya laku keras. Malah kalau bisa konsumen tergantung pada produk saya. Untuk itu maka saya dengan sedemikian rupa mempengaruhi agar konsumen jatuh cinta pada produk saya. Karena makin laku produk maka makin tebal juga kocek saya🙂

Saya perhatikan bahwa pangsa pasar terbesar iklan baik di media elektronik maupun media cetak adalah kaum wanita. Kaum wanita di”tembak” iklan dari segala sudut. Dari ujung rambut hingga ujung kaki. Diciptakanlah definisi “cantik” seperti keinginan produsen. Wanita cantik itu (sepertinya) adalah yang berrambut lurus, berkulit putih, dan bertubuh tinggi langsing. Nah benar-benar dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Cleopatra adalah salah satu icon yang sering digunakan dalam produk kecantikan. Dimana-mana diungkapkan bahwa wanita Mesir ini luar biasa cantik. Saking cantiknya, beliau menjadi inspirasi banyak buku, drama, film, dan opera.

Cleopatra VII tepatnya adalah pharaoh terakhir Mesir yang tidak memiliki darah Mesir. Setelah kematiannya Mesir menjadi provinsi Roma. Telah ditemukan sepuluh keping koin dalam masa pemerintahannya. Koin-koin yang masih tergolong baik tersebut memperlihatkan gambaran fisik sang Cleopatra.

Sebelum saya membaca artikel tentang Cleopatra tersebut, yang terbayang dibenak saya bahwa Cleopatra yang dianggap cantik pada jamannya itu adalah sosok wanita cantik seperti definisi wanita cantik di abad ini. Eh… ternyata si cantik Cleopatra itu bertubuh pendek (tingginya hanya 1,5 meter), berbadan gemuk, lehernya juga gemuk, berhidung bengkok, memiliki telinga yang panjang dan dagu yang mencuat.

cleopatra

Foto coin peninggalan pemerintahan Cleopatra VII. Sumber: Google

Wah… beda banget dengan sosok wanita cantik di abad ini ya. Kalau seandainya beliau hidup di abad Millenium ini mungkin sudah termasuk dalam daftar 100 orang terjelek se dunia. Atau malah mungkin saja definisi wanita cantik akan berkiblat pada sosok fisik beliau. Kalau demikian yang terjadi, bakal banyak wanita akan operasi plastik biar hidungnya bengkok atau dagunya mencuat. Itu bagi yang banyak uang. Yang minim uang, ya disuntik silikon aja kali. Gak ada lagi yang nahan-nahan selera makan. Justru makan sebanyak-banyaknya biar jadi gemuk. He…he…he…

Jadi kesimpulannya definisi wanita cantik dari jaman ke jaman itu selalu berbeda. Kalau kita kumpulkan semua wanita dalam suatu himpunan. Himpunan wanita cantik. Saya yakin bahwa semua wanita akan masuk dalam himpunan wanita cantik tersebut. Kenapa? Karena memang definisi cantik itu ternyata berbeda-beda.

Rasulullah SAW telah bersabda, yang artinya: “Wanita adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita sholehah.”

Bukankah perhiasan itu adalah sesuatu yang identik dengan hal-hal cantik. Jadi percayalah jika anda wanita maka sudah pasti anda cantik. So, PD aja lagi!

One thought on “Wanita Cantik

  1. cantik itu relatif. tergantung budaya, daya lihat dan kacamata. dan cantik tak selalu yang terlihat secara kasat mata. pernah dengar kan ungkapan ‘kecantikan hati’?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s