Kesempatan

Sejak akhir Nopember 2007, kami sekeluarga sudah menempati rumah kami sendiri di kawasan Cimanggis Depok. Hari senin lalu saya agak telat keluar rumah (mungkin). Sampai di tempat saya menunggu bis seh jam 05.15 pagi. Saya pikir masih seperti biasa. Saya biasanya menumpang bis karyawan perusahan tertentu. Saya tidak menumpang bis umum karena biasanya bis tersebut baru saya temui di atas jam 05.30 pagi. Dengan bis pegawai tersebut lama perjalanan dari rumah ke sekolah kurang lebih satu jam saja.
Jam 05.15 bis umum yang rute menuju sekolah tempat saya mengajar lewat (tumben). Sebagian besar kursi masih kosong tapi saya menolak naik. Saya berharap bis yang biasa saya tumpangi akan datang. Biasanya bis tersebut lewat antara jam 05.15 – 05.20. Kesempatan pertama lewat sudah.
Kemudian bis yang (sepertinya) biasa saya tumpangi lewat. Saya memberi aba-aba agar bis berhenti. Sayang pak supir tidak melihat sehingga bis tetap melaju. Kesempatan kedua lewat juga.
Hari sudah pukul 05.30 pagi. Saya mulai stress, mengingat saya harus tiba sebelum jam 07.00 dan biasanya paling lambat 06.30 saya sudah tiba di sekolah. Jam 05.30 bis karyawan perusahan tersebut lewat walau bukan bis yang biasa saya tumpangi. Saya lega.
Bis keluar dari tol Jagorawi menuju UKI. Ternyata bis ini tidak masuk tol. Saya jadi stress lagi. Sepanjang jalan saya pusing karena khawatir telat tiba di sekolah. Saya sms guru piket hari itu untuk memberi tahu keadaan saya. Jadilah saya telat sampai di sekolah walau masih dibawah lima menit.
Sttt… tau tidak? sepanjang perjalanan saya menyesal. Menyesal karena pada saat kesempatan pertama datang saya mengabaikannya. Saya malah berharap sesuatu yang belum tentu datang.

Leave a Reply

