HUT Telkomsel = SMA Saya

Hari Jum’at kemarin seharusnya saya sudah bisa meninggalkan sekolah sejak pukul 9.40 pagi. Untuk kemudian menjemput kedua anak saya. Gara-gara mau ada acara 1 satunya dari TV-ONE, guru-guru tidak boleh pulang dahulu. Dapat “undangan” untuk memeriahkan acara on air selama sejam tersebut.

Bagi saya “undangan” ini sangat menyebalkan. Kalau tidak ingat bahwa kami guru PTT (khusus yang ibu-ibu) pernah jadi bulan-bulan kemarahan kepsek gara-gara tidak menghadiri perayaan hari Kartini, saya ingin kabur saja.

Anak-anak ini saya titip dirumah kakak. Sejak minggu malam sampai jum’at siang. Gara-gara pembantu gak balik lagi. Dia pergi setelah saya pindah rumah selama kurang lebih tiga bulan. Hari Sabtu dan Minggu menjadi waktu yang sangat berharga bagi saya. Dan yang menyebalkan adalah bahwa saya mengajar di hari sabtu.

Parahnya kejadian pembantu “kabur” dan pemberkasan CPNS yang melelahkan itu sempat membuat saya menderita penyakit herpes. Sejenis penyakit yang disebabkan karena stress dan kecapekan. Herpes makin betah saja disudut bibir saya ketika kami guru-guru PTT yang emak-emak jadi bulan-bulanan kepsek karena bolos diperayaan hari Kartini.

Bagai terpenjara. Sambil menunggu acara yang dimulai jam 1 siang, saya membaca buku Sang Pemimpi. Minggu ini mendadak saya jadi hobby baca novel. Beli 3 buku karangan Andrea Hirata dan 2 buku karangan Habiburrahman El Shirazy.

Kabarnya band yang memeriahkan acara adalah The Titans. Saya telpon adik saya. Dia pernah komplain kenapa gak ajak-ajak dia kalau disekolah ada penampilan artis atau anak band terkenal. Oya, sejak saya mengajar di sekolah ini sudah beberapa kali kedatangan selebritis untuk mengisi acara.

Jangankan selebritis, Ibu Megawati (ketika masih menjabat presiden) tahun 2004 datang dalam perayaan Hardiknas berskala Nasional. Ibu Any SBY tahun lalu juga datang dalam acara Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dari Polda Metro jaya. Bahkan Bang Foke sudah dua kali datang.

Kembali ke acara TV-ONE. Tadinya saya heran juga kenapa sekolah yang kalau siang sangat panas ini dipilih? Ooooh ternyata nama sekolah saya ini sama dengan angka HUT Telkomsel itu. Saking panasnya cuaca siang itu, sang vokalis The Titans tanya pada penonton: “Emang kalau siang, disini panas banget ya?” Rupanya dia salah kostum. Tengah hari gene, dipanggung yang gak ada atapnya pakai baju warna hitam. Terbukti, pada tampilan berikutnya, dia pakai baju warna putih😀

Saya menghubungi panitia agar bisa foto bareng para anak band ini. Ingin menyenangkan adik. Mungkin dengan pertimbangan bahwa saya adalah salah satu guru di sekolah ini, saya (dan ternyata diikuti banyak guru) bisa foto bareng. Kelihatan bahwa masa mudanya kurang bahagia. Kadang-kadang guru-guru ini (termasuk saya) lebih norak dari murid-muridnya.

Leave a Reply

