Laskar Pelangi

Sebelumnya teman-teman guru di sekolah tempat saya mengajar, sudah gembar-gembor mewajibkan saya membaca novel Laskar Pelangi. Setelah lihat acara talk show Kick Andy, saya baru penasaran deh. Bagus. itu komentar saya. Saya penasaran. Beli lagi novel kelanjutannya. Sang Pemimpi. Edensor. Sekarang malah lagi nunggu-nunggu Maryamah Karpov. Kapan terbit ya? Saya sepertinya sudah menjadi anggota himpunan penggemar tulisan-tulisan Andrea Hirata.

Sedih. Membayangkan penduduk sebuah pulau terkaya di Indonesia ternyata hidup sangat miskin.  Salut. Kepada Ikal yang bisa melanjutkan pendidikan sampai Master di Eropa.

Kemudian Laskar Pelangi difilimkan. Saya ragu. Khawatir mengecewakan seperti AAC versi film. Tapi setelah mengetahui orang-orang yang terlibat di dalam produksi film tersebut, saya memutuskan menonton. Bersama salah satu teman guru (perempuan juga) nonton di 21 Sunter. Pulang sekolah. Sengaja. Kalau Sabtu-Minggu ngntree booo.

Tidak mengecewakan. Paling tidak saya tidak kehilangan momen-momen yang menyentuh jiwa ketika saya baca novelnya.

Seandainya saya guru mapel Bahasa Indonesia, saya wajibkan murid-murid membaca novek Laskar Pelangi. Seandainya saya guru mapel Sosiologi, saya wajibkan murid-murid menonton film Laskar Pelangi. Kalau perlu nonton bareng sekelas.

Biar murid-murid lebih mensyukuri hidup. Belajar lebih giat demi masa depan yang lebih baik.

One thought on “Laskar Pelangi

  1. ya harusnya laskar pelangi di tonton bareng-bareng anak-anak sekolah di daerah2 – soalnya inspiring banget. palagi anak-anak sekolah itu nggak suka baca novelnya yang memang tebal… budaya anak sekarang kan suka dengar dan tonton bukan membaca…. wong mereka lebih kenal dengan Nidji yang nyanyian laskar pelangi daripada novelnya:mrgreen:

    salam dari malang

Leave a Reply

