Jagorawi

Sejak tinggal diluar kota Jakarta. Padahal masih mengajar di salah satu SMA Negeri di Jakarta Utara. Setiap hari kerja Senin sampai Jumat saya menjadi pengguna setia jalan tol Jagorawi.

Jalan tol yang konon kabarnya termulus ini. Kalau lagi padat. Yaitu saat mulai jam berangkat kerja dan saat pulang  kerja. Banyak pelanggaran. Saya jadi ngeri sendiri.

Jarak antar kendaraan sudah gak aman lagi. Jarak aman antar kendaraan yaitu 100 meter. Saking padatnya, bahu jalan juga dipakai. Kendaraan yang seharusnya selalu dilajur paling kiri, malah dilajur paling kanan. Ngebut lagi. Kadang ada kendaraan yang mendahului dari sebelah kiri. Belum lagi kalau lihat papan petunjuk tingkat kecelakaan yang terjadi dan korban jiwa yang diakibatkannya. Duhh… tambah ciut.

Tapi gimana lagi. Tiap hari tetap aja lewat situ. Bismillah aja. Malah kalau ngantuk saya tidur. Kalau gak bisa tidur, saya lihat-lihat pemandangan kiri dan kanan jalan tol. Cukup menghibur juga. Cuman sayangnya dibanyak titik terdapat sampah rumah tangga yang dibuang oleh penghuni sekitar jalan tol.

Walau demikian disaat-saat libur. Jalan tol ini lenggang. Jarak tempuh dari mulai masuk pintu tol cimanggis ke tanjung  priok hanya makan waktu 30 menit. Cimanggis – Tanjung Priok lebih kurang berjarak 40 km. Padahal kalau pas jam berangkat kantor, bisa-bisa makan waktu satu jam.

Baru-baru ini pada papan petunjuk keluar jalan tol banyak tulisan Cikeas. Di pintu keluar Cibubur ada tulisan Cikeas. Di pintu keluarl Cimanggis ada lagi tulisan Cikeas. Dipintu keluar Gunung putri juga sama. Eh, di pintu keluar Citereup ada juga. Wah… apa karena rumah pak SBY di Cikeas ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s