Penulis Pemula

Sebagai seorang guru mata pelajaran. Mungkin pernah mau marah ketika ada seorang murid. Tidak bisa menjawab pertanyaan dengan benar. Baik secara lisan maupun tertulis. Tapi dari pada marah-marah. Mending menyelidiki kenapa ini anak gak bisa ya.

Hampir setiap orang pernah menjadi siswa. Saya meyakini bahwa tidak ada siswa yang ingin tidak menguasai pelajaran. Semua siswa pasti ingin menguasai setiap mata pelajaran. Hanya saja terdapat satu dan lain hal yang menjadi kendala.

Menurut saya penguasaan materi mata pelajaran matematika SMA seorang siswa dipengaruhi oleh penguasaan materi tersebut pada jenjang-jenjang sebelumnya. Jenjang SMP dan SD.

Namun demikian tidak ada salahnya jika menelusuri buku catatannya. Ternyata kebanyakan mereka itu jarang mencatat materi pelajaran. Yang penguasaan terhadap matematikanya di bawah harapan.

Jadi selama ini kalau jam pelajaran Matematika ngapain aja seh? Misal tidak pernah mencatat materi pelajaran atau catatan tidak lengkap, tapi kalau ditanya bisa menjawab dengan benar. Gak ada masalah.

Sebagai guru yang sudah relatif lama mengajar. Mungkin saja suatu ketika kita ditanya tentang apa saja yang telah kita lakukan. Kemudian diminta menceritakan ulang materi-materi yang pernah diajarkan kepada siswa-siswanya. Saya percaya bahwa hampir semua guru bisa menjawab dengan baik. Tapi guru juga manusia. Punya sifat lupa.

Saya terinspirasi oleh salah satu kepala sekolah tempat saya bekerja. Beliau penulis buku pelajaran Biologi SMA. Salah satu buku pelajaran terlaris. Sayapun bertanya kepada beliau. Asal mula beliau menulis buku. Saya pikir, sebagai guru mata pelajaran. Ada baiknya kita menyusun sendiri materi pelajaran yang kita ajarkan.

Beranjak dari sana, Tahun 2004 saya mulai menyusun dan mengelompokkan soal-soal matematika SMA berdasarkan materi kelas X, XI, dan XII. akhir tahun 2005 saya sudah memiliki bank soal sendiri.

Akhir Februari 2006. Saya membaca iklan diharian Kompas bahwa salah satu penerbit membutuhkan naskah pelajaran. Naskah pelajaran SD, SMP, SMA/MA, dan SMK. Salah satu penerbit besar di Jakarta. Yang menguasai paling tidak 60% pangsa pasar buku pelajaran sekolah di Indonesia.

Saya berminat. Tapi, saya kan baru punya soal-soalnya doang. Atas saran suami, saya menulis satu bab materi matematika sebagai contoh. Dua minggu. Saya menyelesaikan materi bab statistik dan statistika. Kemudian satu-satunya modal dasar tersebut saya kirim ke penerbit.

Akhir Juni 2006 saya dipanggil oleh pihak penerbit. Diajak ngobrol. Lebih tepatnya diwawancara. Saya diminta mengirimkan materi pelajaran Matematika minimal satu semester.

Diliburan hari raya Idul Fitri saya dipanggil lagi oleh pihak penerbit. Ditanya sudah sejauh mana naskah pelajaran yang saya tulis tersebut rampung. Saya dengan PD bilang hanya kelas XII yang belum (padahal hanya soal-soal kelas X dan kelas XI saja yang rampung). Berapa lama kira-kira saya sanggup menyelesaikan seluruh materi matematika SMA/MA. Saya tidak bisa pastikan. Tapi akan saya usahakan. Karena itu lah saya membeli Laptop Toshiba Portege 12 inchi. Untuk menunjang kegiatan saya ini.

Kemudian karena ada BSE (Buku Sekolah Elektronik) penerbit menawarkan buku soal. Sebagai penulis pemula, saya terima saja tantangan tersebut. Padahal saya sudah terlanjur menyerahkan file buku Matematika SMA/MA Kelas X. Akhirnya saya daftarkan hak cipta semua buku saya tersebut didepartemen Hukum dan HAM. Hak cipta atas nama saya tentunya.

Saya menyusun tiga jilid buku soal Matematika SMA/MA. insyaAllah. Buku kelas X lagi naik cetak. Buku kelas XI IPA lagi proses setting terakhir (sebelum naik cetak). Buku kelas XII IPA lagi masuk proses Editing (sebelum masuk proses setting). Tahun ajaran baru 2009/2010 sudah bisa launching. InsyaAllah. Dengan demikian saya mantap melanjutkan pendidikan diprogram pasca sarjana.

Berikutnya yang saya bidik adalah matematika di jenjang SD. InsyaAllah. Menurut saya, kecintaan siswa terhadap Matematika seharusnya dimulai disini. Dengan menyajikan kegiatan belajar mengajar matematika sedekat mingkin dengan kehidupan sehari-hari. Namanya Pendidikan Matematika Realistik. Nah program beasiswa yang saya apply itu berhubungan dengan ini.

Leave a Reply

