Contreng

Pemilihan legislatif tahun 2009 sudah tinggal menghitung hari. Padahal berdasarkan berita dari sejumlah koran, ternyata masih banyak pemilih di Indonesia ini belum cukup familiar dengan kata “contreng” .

Pada pemilihan legislatif tahun 2004. Pemilih diminta mencoblos calon legislatif yang dipilihnya. Menurut kamus besar bahasa Indonesia Departemen Pendidikan Nasional Edisi Ketiga. Sebuah kamus terbitan Balai Pustaka. Coblos atau dalam bentuk kata kerja aktifnya adalah mencoblos. Artinya menusuk hingga tembus.

Menusuk hingga tembus dengan menggunakan alat yang mirip paku. Karenanya maka pada kertas yang dicoblos tersebut akan terdapat sebuah lubang. Berbentuk lingkaran tepatnya. Kalau dicocokkan dengan huruf Alphabet maka pada bentuk yang terjadi seperti huruf O.

Bentuk lingkaran atau huruf O yang terjadi ini bisa ditentukan luasnya. Atau bisa ditentukan diameternya.  Setiap pencoblos akan membuat coblosan yang ukurannya relatif sama. Disebabkan karena setiap orang menggunakan alat coblos yang sama.

Sekarang dipemilihan legislatif tahun 2009. Pemilih diminta mencontreng calon legislatif yang dipilihnya. Kata “contreng” tidak saya temukan dalam kamus besar bahasa Indonesia tersebut.

Saya akan coba mendefinisikan kata contreng berdasarkan bentuk yang terjadi. Contreng atau dalam bentuk kata kerja aktifnya adalah mencontreng. Mencontreng saya definisikan sebagai memberi tanda yang bentuknya mendekati huruf V.

Meskipun sudah dengan alat tulis yang ditentukan. Setiap orang mungkin saja punya hasil bentuk contreng relatif yang berbeda. Belum lagi kalau kualitas tintanya gak bagus. Atau ketika tinta masih basah tetapi sipencontreng sudah melipat kertas. Bisa-bisa tanda contreng tercetak juga ditempat yang tidak diinginkan.

Seharusnya si penggagas ide mencontreng itu belajar geometri dulu.  Belajar geometri dengan saya juga boleh :)  Tentang Lingkaran dan Kurva.

Namun demikian saya sangat berharap Pemilihan Umum Tahun 2009 ini berlangsung damai. Baik sebelum, saat, atau sesudahnya. Demi Indonesia yang lebih baik. Aaamiiin.

2 thoughts on “Contreng

  1. Analisa yang keren banget mbak, cuma aku pikir kekhawatiran mbak susah terjadi (contreng ganda akibat tinta yang basah), karena KPU sudah beberapa kali melakukan simulasi dan hal-hal tersebut sudah dipikirkan. Kecuali tintanya ada yang curang dengan ganti tinta kiloan he…he

    Mbak, leh minta YM nya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s