Tips Mengusir Tikus

Saya tinggal disebuah komplek perumahan yang jaraknya lebih kurang 4 km dengan waktu tempuh 5 menit dari pintu keluar tol Cimanggis. Tol Jagorawi.

Sebuah komplek yang alhamdulillah nyaman. Pintu gerbang komplek hanya satu. Hanya berisi kurang lebih 400 unit rumah. Mulai tipe 36 sampai dengan tipe 60. Tanah yang relatif luas. Sehingga rumah-rumahnya gak padat.

Rumah saya tipe 45 dengan luas tanah 138 m2. Didepan rumah terbentang tanah lapang milik pemda Depok yang luasnya 6000 m2. Semua orang yang pernah berkunjung berkomentar posistif tentang my home sweet home :)

Oleh suami saya, dapur dipindah keluar rumah utama, menyatu dengan halaman belakang. Biar kalau mau masak-masak di malam hari gak bikin rumah jadi pengap. Gitu alasannya.

Setahun masih asik. Tapi beberapa bulan lalu, saya mulai tertanggu. Ada tikus yang sering berkunjung. Suka bab semaunya. Paling parah itu mahluk bau pipisnya…. Mengganggu suasana damai dan indahnya halaman belakang rumah saya. Udah dikasih perangkap. Dapet seh. Teman-temannya tetap aja datang.

Tapi sekarang udah gak ada kunjungan tikus lagi. Kok bisa gitu? Sejak di kasih kapur barus di beberapa tempat. Di bawah mesin cuci. Di bawah meja kompor. Di bawah lemari piring. Itu kapur barus yang ukurannya sebesar bola pingpong. Biasanya untuk toilet.

About these ads

32 thoughts on “Tips Mengusir Tikus

  1. wehh sama mbaaaaak. dapurku juga ada dibelakang, pintunya teralis besi aja.
    tuh tikus pinteeeeer banget. bapak nya ketangkep, iparnya datang. anak ketangkep, kakaknya datang
    cape deeeeh

    makasih buat idenya mbak..aku coba ya

    soalnya udah gak mempan ama racun tikus, ama jebakan..
    dia pinter bangett…

    tengkyu ya mbaaak

  2. kalo saya waktu itu perburuan…jadi tuh tikus lebih benernya curut kalo malem baru keluar…baru dah saya cegat jalannya trus saya tangkep….eh tangan saya kena gigit…perih euy….tapi karena saya orang yang baik hati maka tetap saya lepaskan di luar rumah. :lol:

  3. TQ MB BUAD TIPS NA…
    asy cuba daa mg sukses…
    bener2 tuh tikus mengganggu kdamaian aj…
    gk nampak c, di atas ternit, tp suara keratan bikin sebel aja…plus lom lg klo kentcing sembarangan..

  4. Buat yang sudah frustasi berat dgn tikus…Ada cara paling efektif tapi perlu modal jebakan tikus tapi dijamin tikus gak akan pernah balik lagi….oke…jadi tikus yang sudah ketangkep perangkap jangan dilepas lagi atau dicelupin di got sampe mati…cukup bawa ketanah yg agak lapang atau pinggir jalan,jangan dijalan buntu…siapkan bensin sedikit, tuang kebagian belakang tikus(sekitaran buntut), bakar perlahan terus buka perangkap dan lepaskan, lakukan hingga2 atau 3 tikus…tikusnya nggak balik ibu-ibu….mungkin dia cerita kali ya ke temen-temennya kalo ternyata kita sadissss juga…tikus memang pintar dan punya memory jangka panjang yang lumayan…tapi dia juga bisa kapok!!!

    • Klo pengalaman syampir mirip. Tp klo di bkr tu tikus kynya terlalu kejam.
      Ini Tips dari saya:
      Tangkap satu atau dua ekor tikus lalu celupkan ke cat tembok masing2 tikus warnanya berbeda, sbaiknya diberi warna mencolok lalu keringkan baru stlah itu lpaskan. Pasti dia akan kembali ke kloninya tp sayang kloninya nganggap to tikus adalah sbuah ancaman dan akhirnya semua bubar dari rumah. Silahkan mencoba.

  5. klo gw sih gw kasih racun tikus batangan 5000-an yg bentuknya kotak2 itu. gw taruh di loteng..gak lama tikus yg berisik itu mati..gw taruh di halaman..ga lama nemu beberapa bangkai tikus yg udah mati kering. cuma ga enaknya suka bikin kaget..tahu2 ada tikus mati aja udah kering..ga bau sih.

  6. dirumah saya sih sarang tikusnya didalam tanah, pasang perangkap tidak mau masuk, pakai lem tikus rasanya tidak enak, juga sudah disebarkan kapur barus tetap datang juga. hanya dengan sering=2 menyiram tanah tersebut dengan air, tikus pergi tapi datang lagi sesudah airnya kering.

  7. Tikus sekarang lebih sulit dibasmi, karena lingkungan juga berubah, padahal mereka gampang sekali menyesuiakan, jadi apapun tipsnya, tidak selalu optimal hasilnya jika diterapkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s