Aku dan Rumahku

Sejak menikah di bulan Agustus 2003, saya dan suami tinggal dirumah orang tua saya. Bulan Juni 2004 suami menghadiri pameran perumahan. Koleksi brosur-brosurnya. Pilihan ada di Tangerang, Bekasi, Citayam, Depok, dan Cimanggis. Hasil diskusi dipilihlah sebuah perumahan di kawasan Cimanggis. Perum Persada Depok.

Perum Persada Depok. Dipilih dengan beberapa keunggulan. Dikelilingi 3 lapangan golf. Emeralda, Bukit Golf dan Jagorawi Golf. Kompleknya tidak terlalu besar. Berisi 400 unit rumah. Terdiri dari tipe 36, 45, dan 60. Lahan perkavling relatif luas jika dibanding dengan lahan untuk rumah tipe sejenis di tempat lain. Sehingga rumah-rumahnya tidak padat. Hanya ada satu pintu gerbang keluar masuk komplek.

Untuk menuju lokasi perumahan dengan angkutan umum, ke terminal Cibinong dahulu kemudian naik angkot nomor 68. Berjarak kurang lebih 4 km dari pintu tol Cimanggis. Sehingga jika menggunakan mobil pribadi. Masuk tol Jagorawi kemudian keluar di pintu Cimanggis. Bisa juga lewat jalan raya Bogor kemudian di km 41 belok ke jalan Cilangkap atau lewat samping Carrefour Cibinong di km 44.

Pertama survei, hanya suami yang datang. Tinggal rumah yang di hook. Harganya diluar budget. Minggu berikutnya ditelepon depeloper. Ada yang batal booking. Akhirnya saya booking tipe 45 standar dengan luas lahan 138 m2. Sebenarnya diluar budget juga. Budgetnya tipe 36. Tapi harga rumah tipe 45 ini lebih murah dari pada rumah-rumah bertipe sama di daerah lain. Rumah yang saya dapat ini menghadap tanah lapang seluas 6 000 m2. Jadi pemandangannya benar-benar luas.

Disepakati akad kredit bulan Desember 2004. Saya baru tiga hari melahirkan anak pertama. Konon kabarnya selama 40 hari gak boleh keluar rumah dulu. Dengan sedikit negosiasi alot dengan ibu, saya ke kantor pemasaran. Ditemani suami dan mertua laki-laki. Saya harus datang karena rumah itu atas nama saya. Tanda tangan akad kredit.

Walau dibeli akhir tahun 2004, saya dan keluarga menempatinya akhir tahun 2007. Dengan sedikit renovasi. Tambah satu kamar tidur. Dapur dipindah ke halaman belakang.

Ditaman depan ditanam rerumputan, pohon jambu air, delima, mahkota dewa, anggur, sirih, dan melati. Ruang utama lebih berfungsi sebagai ruang kerja, perpustakaan dan ruang bermain anak-anak saya. Diruang ini tidak ada sofa. Diruang utama ini terdapat meja kerja suami dan dua lemari buku.

Tempat favourit keluarga kami adalah ruang nonton tivi. Karena kami sekeluarga sering berada disini. Ruangan ini sebenarnya menyatu dengan ruang utama. Ada sofa bed. Sofa ini sering jadi ajang kumpul-kumpul keluarga saya. Selain itu, sering jadi ajang lompat anak-anak saya.

Dari tiga kamar tidur yang ada. Di Kamar tidur utama ada meja kerja, satu lemari pakaian, satu lemari dan satu rak berisi barang-barang suami. Kamar tidur utama lebih berfungsi sebagai ruang sholat dan ruang ganti baju. Kadang menjadi ruang kerja saya. Kamar tidur kedua terletak dibelakang. Dikamar tidur kedua ini kami sekeluarga tidur. Kamar tidur ke tiga lebih berfungsi sebagai gudang.

Ruang makan ada dihalaman belakang menyatu dengan dapur, tempat cuci baju dan taman. Ditaman belakang ini ditanami rumput, pohon jambu air, alpukat, mahkota dewa, pandan, dan rambutan. Tempat cuci baju kadang jadi kolam renang anak-anak saya.

Dari semua orang yang pernah berkunjung, selalu memberikan kesan positif tantang rumah dan lokasinya Mudah dijangkau. Baik dengan mobil pribadi maupun dengan angkutan umum. Berudara sejuk. Apalagi dikelilingi  tiga lapangan golf.  Suhu dalam rumah pada siang hari rata-rata 29-30 derajat Celicius. Pada malam hari rata-rata  berkisar antara 26-28 derjat Celcius.

Lingkungan relatif aman. Keluarga-keluarga yang tinggal disini pada umumnya adalah keluarga muda yang berpendidikan baik. Baru-baru ini disalahsatu lahan fasilitas umum dibangun pukesmas dan sudah beroperasi.

Benar-benar Home Sweet Home bagi saya dan keluarga.

3 thoughts on “Aku dan Rumahku

Leave a Reply

