2009

Senang rasanya ketika mendapat kabar bahwa saya adalah salah seorang  peserta International Master Program on Mathematics Education at Utrecht University, the Netherlands. Tapi bersamaan dengan itu saya mulai sering dilanda sakit perut. Sebelumnya gak pernah tuh. Sakit yang menurut sebagian orang tanda-tanda awal gejala stress.  Mungkin stress karena akan meninggalkan anak-anak untuk sementara waktu.

Saya menyampaikan kabar gembira ini kepada kepala sekolah. Bagaimana nih? Saya kan masih guru PTT belum jadi guru PNS. Kepala sekolah gak bisa kasih keputusan. Telpon ke Dinas dulu. Informasi dari Dinas bahwa guru-guru PTT sedang dalam proses menjadi CPNS. Kalau saya mengikuti program beasiswa ini maka saya harus melepas status kepegawaian saya. Karena saya meninggalkan tugas mengajar. Masalahnya adalah Dinas tidak bisa memberi penjelasan sudah berapa prosen proses tersebut berlangsung.

Menjelang hari-H saya harus ke Surabaya untuk mengikuti matrikulasi. Ternyata pada saat yang bersamaan ke-dua anak saya sakit. Saya memutuskan batal berangkat. Biarlah. Anggap saja belum rejeki.

Namun demikian, saya tetap mencari informasi pendaftaran program magister matematika. Saya dan dua orang guru dari sekolah saya mendaftar program magister di Universitas Indonesia. Yang diterima dua orang. Dua guru matematika. Alhamdulillah.

Kami mendapat bantuan dana. Dana blockgrand SBI dari pemerintah untuk guru-guru MIPA yang sedang mengikuti program pascasarjana linier. Linier maksudnya adalah jika guru matematika maka dia sedang menempuh program magister matematika atau pendidikan matematika. Di perguruan tinggi yang berakreditasi A. Tidak meninggalkan tugas mengajar.

Seperti yang pernah saya ceritakan pada artikel sebelumnya bahwa beberapa bulan lalu, kami guru-guru PTT di sekolah saya  “mengintip” NIP kami. Kami yang berjumlah 13 orang ini mengunjungi sebuah sebuah instansi yang terletak dibilangan Ciracas.

Antara percaya dengan tidak percaya. Karena angka-angka yang sangat kami dambakan itu hanya ditulis tangan. tidak tahu absah atau tidak. Ya sudahlah. Namanya juga usaha. Tunggu saja tanggal mainnya.

Akhir bulan Juli 2009 ada kabar gembira bahwa sebagian guru PTT mendapat undangan untuk mengambil SK CPNS. Di sekolah saya ada 5 orang guru PTT yang mendapat surat tersebut. Kelima orang ini tentu sangat berbahagia. Akhirnya hal yang dinanti-nanti itu datang juga.

Kami yang belum diundang ada 7 orang. Berusaha menganalisis apa kira-kira yang mendasari pemilihan kelima orang ini. Supaya kami bisa memprediksi siapa kira-kira yang beruntung pada tahap berikutnya. Hasil analisis kami adalah kelima orang ini berusia kritis (berumur lebih dari 40 tahun), ada guru yang pensiun pada mata pelajarannya, dan yang terpenting adalah NIP mereka bernomor kecil (4700690aa). Kami mereka-reka urutan nama-nama yang akan diundang berikutnya.

Kalau memang demikian, maka saya berada diurutan menjelang terakhir. Ya sudahlah saya terima saja. Walaupun masa kerja semua guru PTT sama. Yaitu lima tahun. Saya kan memang berusia paling muda. Paling sebentar masa kerja sebagai guru honor di sekolah ini. Hanya satu tahun. Sedangkan teman-teman ini ada yang sudah menjadi guru honor disini sejak tahun 1994.

Pertengahan Agustus 2009 kabar gembira itu datang lagi. Kabar yang ditunggu-tunggu oleh guru-guru PTT se-DKI Jakarta. Undangan untuk mengambil SK CPNS.

Seperti biasa, pagi itu saya kesekolah. Di depan gerbang salah seorang satpam menyalami saya dan menyampaikan selamat. Saya cuma cengar-cengir saja. Karena si Bapak ini suka bercanda. Sampai dimeja guru piket salah seorang teman menyalami saya dan menyampaikan selamat. Dari dia, saya baru tahu bahwa saya adalah “tamu” berikutnya. Alhamdulillah. Terharu.

Buyar semua analisis yang pernah kami buat. Semoga tahap berikutnya semua teman-teman yang tersisa mendapat giliran.

4 thoughts on “2009

  1. Wah selamat ya…. dalam pikiran saya anda termasuk orang hebat. saya perlu berguru ilmu pada anda. mungkin nanti lewat facebook saya akan tanya banyak. gak papa kan…?
    buku anda bagus. esis lagi…wah top markotop…
    sekali lagi saya salut dengan anda…
    blog anda bagus. saya linkan juga dari blog saya.
    kita juga dari almamater sama : saya masuk 97
    dapat salam dari setyo wahyu wicaksono pmat 94A. saya sekantor dengannya….
    sukses buat anda. salam utk keluarga.

Leave a Reply

