Tips Agar Kusen Tidak Dimakan Rayap

Akhir tahun 2004 saya dan suami membeli satu unit rumah didaerah Cimanggis. Rumah kelas menengah produk pengembang.

Rumah tersebut tidak langsung ditempati. Hanya sebulan sekali kami menengoknya. Setelah sekian lama, baru diketahui bahwa salah satu kusen jendela pintu belakang dimakan rayap. Kusen pada bagian bawah jendela. Jendela yang bersebelahan dengan pintu belakang. Pintu ini adalah penghubung jika ingin ke halaman belakang.

Bagian yang sudah dimakan rayap itu terasa kopong. Maksudnya jika disentil terasa ada ruang kosong didalamnya. Akhirnya saya coblos pakai pisau. Bolong. Kopong. Panjangnya  sekitar 10 cm.

Bagaimana ya? Mau ganti kusen? Belum ada dana. Akhirnya melalui bagian yang bolong itu saya siram cairan karbol (desinfektan). Dengan harapan karbol meresap dan kayu kadi gak yummi lagi buat rayap.

Tahun 2007 menjelang kami pindah, kusen tersebut baru bisa kami ganti. Ternyata bagian yang pernah dimakan rayap itu tidak meluas. Berarti cairan karbol yang pernah saya siram telah sukses membuat rayap kabur. Alhamdulillah.

Gak lama setelah kami pindah, kusen pintu kamar utama yang terasa kopong. Wah mulai dimakan rayap nih. Saya siram kusen tersebut dengan cairan karbol. Mungkin seharusnya sebelum dipasang. Kusen dilumuri dengan karbol dulu kali. Kemudian di jemur.

3 thoughts on “Tips Agar Kusen Tidak Dimakan Rayap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s