Teori Ukur

Tidak terasa hari ini adalah hari dipenghujung semester 1. Ditutup dengan UAS mata kuliah Teori Ukur. UAS dilaksanakan pukul 13.00-15.00 WIB.

Teori Ukur adalah salah satu mata kuliah wajib. 4 SKS. Dalam Kurikulum Magister Matematika. Departemen Matematika. FMIPA UI. Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu menjelaskan dan menggunakan konsep dasar dalam teori ukur sebagai dasar mata kuliah lain.

Buku yang digunakan Measure and Integral. Ditulis oleh pak Richard L. Wheeden dan Antoni Zygmund. Buku pendahuluannya adalah Introduction to Real Analysis. Ditulis oleh pak Robert G. Bartle dan Donald R. Sherbert.

Salah seorang teman pernah bercerita bahwa dia mempersiapkan penggaris, jangka, dan busur untuk mengikuti perkuliahan ini. Walaupun bernama teori ukur. Namun, selama menempuh mata kuliah ini gak ada ukur-mengukur dengan menggunakan penggaris, jangka, atau busur. Yang diukur bendanya di awang-awang😀

Dosen pembimbingnya seorang profesor. Perempuan. Berumur 71 tahun. Gelar sarjana matematika diperoleh dari ITB. Sedangkan gelar master dan doktor diperoleh dari satu perguruan tinggi di Amerika Serikat. Tahun 1968 beliau sudah bergelar Ph.D.

Pernah suatu hari disaat kuliah berlangsung. Beliau membahas masalah fungsi. Cikal bakal fungsi. Penjelasannya mengenai fungsi sempat menguncang pemikiran saya. Khawatir bahwa selama ini saya telah salah dalam memahami fungsi. Duh padahal sejak tahun 2002 mengajar materi fungsi di tingkat SMA. Gimana nih?

Ternyata saya tidak salah kok. Cuma ilmunya aja yang belum sampai. Setelah ngobrol-ngobrol dengan teman-teman mereka juga berperasaan sama dengan saya. Ketika sang ibu dosen membahas masalah fungsi.

Ibu dosen ini adalah seorang guru yang baik. Semua pertanyaan dilayani. Bahkan pertanyaan yang gak nyambung sekalipun. Saya banyak mendapat tambahan ilmu dari beliau.

2 thoughts on “Teori Ukur

  1. …salam kenal…mba saya fitri…tahun ini saya mau meneruskan s2 di ui…waduh deg2an juga neh…kira2 sulit gak yah???btw…kira2 tips2 apa neh yang bagus untuk saya…sebelumnya…thanks yah mba…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s