Cindera Mata

Baru beberapa tahun belakangan ini saya mendapat tugas tambahan sebagai wali kelas. Wali kelas siswa SMA. Saat pembagian rapor pada waktu saya SD. Saya sering melihat orang tua dari teman-teman saya memberi cindera mata kepada wali kelas kami. Namun selama saya sekolah, orang tua saya tidak pernah memberi cindera mata kepada wali kelas saya.

Sampai sekarangpun, masih ada tradisi pemberian cindera mata kepada wali kelas. Terutama orang tua yang memiliki anak sekolah usia SD. Paling tidak hal itulah yang sering dilakukan oleh teman-teman guru di tempat kerja saya. Menghormati rekan-rekan seprofesi. Begitu alasannya.

Ternyata tradisi itu tetap berlangsung sampai sang anak duduk dibangku SMA. Dan kebanyakan mereka yang memberi cindera mata adalah berprofesi guru. Awalnya saya merasa lucu. Namun karena mengingat alasan teman-teman guru di tempat kerja saya, saya mencoba mengerti.

Kamis tanggal 24 Desember 2009 yang lalu adalah waktu pembagian rapor anak saya. Seorang siswa TK A. Saya bermaksud memberi cindera mata juga. Sebagai tanda terima kasih saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s