Januari

Januari berasal dari salah satu nama dewa dalam mitologi Romawi. Dewa Janus. Berasal dari bahasa latin ianua. Janus, yang berarti gerbang atau lorong masuk. Janus merupakan dewa yang memiliki dua wajah. Wajah yang menghadap ke depan selalu tersenyum dan optimis. Wajah yang menghadap ke belakang terlihat muram dan sedih.

Dibeberapa kawasan di Eropa, Januari diartikan sebagai the month of the heart of winter, cold month, ice month, slicing (ini berkaitan dengan angin). Mungkin karena kerasnya musim dingin berlangsung di bulan Januari.

Sebagian orang Indonesia, mengartikan Januari sebagai hujan turun setiap hari. Di bulan Januari, hampir setiap hari berudara sejuk. Hujan sering turun membasahi bumi. It’s rainy day. Hujan membawa berkah bagi kelangsungan kehidupan.

The camellia, Japan’s floral emblem of January.

Memandang rintik hujan dari balik jendela kamar. Memandang butir-butir air dari langit yang jatuh menimpa daun-daun. Butir-butirnya pecah terburai ketika menimpa permukaan daun.

Sebagian yang lain jatuh ke dalam selokan di depan rumah. Tetes air yang jatuh membentuk lingkaran-lingkaran di permukaan selokan. Diiringi suara kodok yang bersahut-sahutan.

It’s January. And I was born in January.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s