Busway

Dua hari yang lalu. Saya mengambil sertifikat hak cipta buku pelajaran Matematika kelas XII SMA/MA. Saya menggunakan jasa transportasi milik Pemda DKI Jakarta. Perjalanan terasa menyenangkan karena bus tersebut berpendingin udara dan diberi jalur khusus pula.

Hampir disetiap bagian belakang bus Transjakarta terdapat pernyataan: “Awas !!! Anda jangan masuk jalur busway –> Berbahaya”

Dalam matematika symbol –> digunakan untuk menotasikan operator logika impilikasi. Operator logka digunakan untuk menggabungkan lebih dari satu pernyataan tunggal. Penggabungan dari lebih dari satu pernyataan tunggal dinamakan pernyataan majemuk.

Pernyataan dibagian belakang bus transjakarta adalah suatu pernyataan majemuk. Misalkan pernyataan tunggal dari pernyataan majemuk tersebut adalah:

p: Awas !!! Anda jangan masuk jalur busway.

q: Berbahaya.

Penyataan majemuk “Awas !!! Anda jangan masuk jalur busway –> Berbahaya” dinotasikan dengan p –> q (dibaca jika p maka q).

Kata “jangan” memiliki makna yang setara dengan “tidak boleh”. Berarti pernyataan p di atas dapat saya tulis sebagai berikut.

p: Awas !!! Anda tidak boleh masuk jalur busway.

Suatu pernyataan yang memiliki nilai kebenaran yang bertentangan dengan nilai kebenaran pernyataan p dinamakan ingkaran pernyataan p, dinotasikan dengan – p.  Ingkaran pernyataan p adalah sebagai berikut.

–p: Awas !!! Anda boleh masuk jalur busway.

Nilai kebenaran p –> q setara dengan –p v q (dibaca: ingkaran p atau q). Berarti pernyataan majemuk p –> q dapat diganti menjadi  –p v q.

Jadi penyataan majemuk “Awas !!! Anda jangan masuk jalur busway –> Berbahaya” memiliki maksud yang sama dengan “Awas!!! Anda boleh masuk jalur busway atau berbahaya”. Sehingga tidak salah kalau masih saja ada kendaraan lain selain bus Transjakarta yang menggunakan jalur busway.

Untuk itu, sebaiknya pernyataan majemuk “Awas !!! Anda jangan masuk jalur busway –> Berbahaya” diganti menjadi pernyataan tunggal:

1. “Jalur busway hanya untuk bus Transjakarta” atau

2. “Dilarang memasuki jalur busway kecuali bus Transjakarta”.

Pernyataan tunggal 1 dan 2 ini lebih tegas dan jelas perintahnya.

3 thoughts on “Busway

  1. pertamax…….
    yah kan maksudnya mungkin untuk mudah dimengerti, toh orang indonesia tidak akan memikirkan, apakah itu p->q atau p-> -q karena pada dasarnya orang” indonesia membutuhkan moral serta etika, lawong ada kalimat seperti itu ajah masih diterobos juga…..😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s