Pegawai

Ditempat kerja,  saya adalah pegawai yang dipimpin oleh seseorang.  Dirumah, saya adalah pimpinan dari seorang pegawai. Dia bertugas menjaga kedua anak saya dan membersihkan rumah. Pegawai saya adalah seorang perempuan. Dia memiliki suami dan seorang anak.

Pada hari Senin sampai Jumat, Jam kerjanya dimulai dari saya berangkat hingga saya pulang kerja. Jika saya pulang telat, maka saya memberi uang lembur untuknya. Jam kerja hari sabtu rata-rata 3 jam. Hari minggu libur.

Saya tidak memotong gajinya jika dia berhalangan masuk karena sakit. Baik yang sakit dia sendiri ataupu keluarganya. Alasan saya: 1. siapa sih yang ingin sakit? 2. Mau dipotong berapa? Semua orang juga tahu bahwa pekerjaan ini tidak memberikan upah yang relatif besar.

Karena dia menghabiskan sebagian besar harinya dirumah saya. Otomatis dia tidak sempat menyelesaikan sebagian tugas-tugas rumah tangganya. Untuk itu saya mengijinkan dia membawa pakaian kotor dia dan keluarganya untuk dicuci dan disetrika dirumah saya. Membawa bahan makanan mentah kemudian memasaknya dirumah saya. Saya mengijinkan dia menggunakan sarana yang ada dirumah saya untuk keperluan-keperluan itu.

Saya selalu menaikkan gaji pegawai saya ketika dia kembali bekerja pada saya sehabis lebaran idul fitri.

Saya mengetahui bahwa memang dia membutuhkan pekerjaan. Namun hidupnya bukanlah semata-mata untuk bekerja. Apalagi mengabdi pada saya. Pegawai. Kan juga manusia.

Ini tahun kedua dia menjadi pegawai saya. Beberapa waktu lalu dia dipanggil lagi oleh majikannya yang lama. Diminta kembali bekerja untuk orang tersebut. Dengan iming-iming bahwa beliau bersedia memberi upah sebesar berapapun yang disebut oleh pegawai saya. Namun pegawai saya menolaknya. Dengan mengatakan bahwa dia sudah memiliki pekerjaan.

Begitulah. Saya berusaha menciptakan suasana kerja yang kondusif. Efek sampingnya malah menumbuhkan kesetiaan pegawai saya🙂

Leave a Reply

