Tips Memilih Semangka

Buah semangka merupakan salah satu buah dari tanaman merambat yang berasal dari Afrika bagian selatan. Memiliki nama latin Citrullus lanatus. Termasuk dalam suku Cucurbitaceae . Pada umumnya buah semangka berbentuk bulat, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua.

Dibulan puasa begini. Berbuka puasa dengan menu buah semangka dingin segar dari lemari pendingin. Sungguh melengkapi kesempurnaan nikmat dari Allah SWT.

Kemarin sore saya membeli buah semangka. Semangka yang dipajang hanya 6 buah. Setelah saya perhatikan. Ternyata tidak ada yang memenuhi kategori pilihan saya. Ketika saya membalik badan bermaksud pergi. Si penjual bertanya: “Nyari yang semangka kayak gimana neng?” Saya menjawab bahwa saya mencari buah semangka dengan ciri-ciri:

1. Pada kutub yang berlawanan dengan kutub tangkai terdapat lingkaran. Bandingkan lingkaran-lingkaran tersebut. Pilih semangka dengan lingkaran relatif paling kecil diantara semangka-semangka yang ada.

2.  Jika pada permukaan semangka terdapat bagian yang berwarna kuning. Pilih semangka dengan warna kuning relatif paling tua diantara semangka yang ada.

Kemudian saya dibawa kesekumpulan semangka stok sipenjual. Saya pilih salah satu. Sipenjual menepuk-nepuk semangka pilihan saya. Saya katakan bahwa seringkali saya dipilihkan semangka oleh sipenjual dengan cara seperti itu. Namun ternyata semangka pilihan si penjual dibawah harapan saya. Si penjual mengira saya kuliah dijurusan Pertanian😀

Akhir kata dia menyampaikan terima kasih atas tips dari saya. Dan saya pun diberi diskon🙂

One thought on “Tips Memilih Semangka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s