Penipuan Lewat SMS

Baru beberapa hari lalu seorang teman bercerita. Bahwa dia ditanya oleh anaknya. Berkenaan dengan datangnya sms yang mengatasnamakan mama. Meminta ditransfer voucher dengan nominal tertentu. Kebetulan teman saya ini dipanggil mama oleh anak-anaknya.

Konon kabarnya kasus tersebut. Penipuan lewat sms. Dengan modus operandi meminta agar ditansfer voucher dengan nominal tertentu. Dibahas pada salah satu setasiun televisi swasta.

Kemarin pagi saya yang mendapat sms tersebut. Dari nomor 08981895985. Sebuah sms berbunyi:

“beli’in mamah pulsa 20rb di nomor ini 081353083619, soalnya skg mama ada di rumah sakit penting. dr mama.”

Beberapa hari berikutnya ada lagi. Dari nomor 089694897558. Dengan tulisan sms :

“beli’in mama pulsa 20rb di nomor ini 081355045233 , soalnya skg mama ada di rumah sakit penting. dr mama.”

Saya lihat bahwa pengirim menggunakan nomor 3. Yang setelah saya perhatikan nomor perdananya hanya seharga IDR  1 000,00. Kemudian kenapa minta transfernya ke nomor simpati ya?

Tentu saja saya abaikan sms tersebut. Lha wong tidak ada yang memiliki panggilan mama atau mamah dalam keluarga saya. Hati-hati dengan sms yang mengatasnamakan mama tersebut.

ini sms tpuan lainnya, dari nomor 081998193797. Berbunyi:  “ini bpk lg pinjam hp  org, tlong beli’in bpk pls 20rb k nomor ini 085215114551, bpk lg ada mslh d kntr polisi, jgn d tlpn/sms dl. nnti bpk yg tlp, skrg pnting

Ada-ada saja cara orang menipu.

Leave a Reply

