Diare

Diare berasal dari kosa kata bahasa inggris, yaitu diarrhea. Diare adalah suatu penyakit dimana penderita mengalami buang air besar terus menerus diluar keadaan normal. Dengan kandungan air dalam tinja yang berlebihan. Seringkali pula disertai dengan mual dan muntah.

Diare dapat disebabkan karena memakan hidangan bercita rasa asam, pedas, atau bersantan secara berlebihan. Dalam beberapa kejadian diare dapat menyebabkan dehidrasi. Bahkan menyebabkan kematian. Dehidrasi adalah gangguan kehilangan cairan tubuh disertai gangguan zat elektrolit tubuh.

Berikut ini salah satu cara menghindari  diare dan mengantisipasi penyakit yang menyusul setelahnya.

1. Hindari berbuka puasa dengan hidangan bercita rasa asam.

2. Misalkan seseorang terserang diare disertai muntah. Sudah berobat ke dokter. Dalam suatu kondisi dimana orang tersebut tetap memuntahkan semua makanan dan minuman yang masuk lewat mulut, termasuk obat-obatan. Sedemikian sehingga keadaan tidak menjadi lebih baik dari sebelumnya. Segeralah ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit (RS) terdekat. Sekalipun serangan muntaber masih kurang dari 1 x 24 jam.

3. Misalkan orang tersebut harus dirawat inap. Kemudian setelah sekian hari diijinkan pulang ke rumah. Pastikan tetap untuk melakukan tes terhadap sampel darahnya. Tidak semua RS melakukan hal ini kepada pasien. Hasil tes tersebut dapat diperoleh dalam waktu sekitar dua jam. Jangan memutuskan keluar dari RS tanpa hasil tes tersebut berikut penjelasannya. Sekalipun diare dan muntah telah berhenti.

4. Salah satu manfaat tes laboratorium terhadap sampel darah adalah untuk mengetahui apakah kandungan ureum dan creatinin orang tersebut masih normal. Misalkan kandungan ureum dan creatinin orang tersebut diatas normal. Hal ini menunjukkan gejala bahwa ginjalnya tidak berfungsi dengan baik. Dehidrasi hebat pada saat diare dapat menyebabkan hal di atas.

5. Jika orang tersebut terpaksa harus dirawat inap lagi karena keadaan yang demikian. Pilih RS yang mumpuni dalam menangani masalah penyakit ginjal. RS yang dimaksud adalah RS PGI Cikini yang beralamat di Jl. Raden Saleh. DKI Jakarta.

Dalam hal ini saya tidak memiliki kepentingan apapun terhadap RS tersebut, begitu pula sebaliknya. Demikian. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s