Belajar

Sebenarnya. Mulai dari liburan semester dua kemarin. Saya sudah mulai mencari-cari topik untuk bahan tesis. Hampir tiap hari searching diinternet. Sering mampir dialamat digilib ITB. Namun belum menemukan si topik juga. Semester tiga mengikuti mata kuliah Analisis Multivariat. Berharap dapat ide dari sana. Dapat ide penelitian dibidang pendidikan. Tidak disetujui. Diharapkan tentang keilmuan Matematika.

Selama kuliah diprogram magister matematika. Harus berjuang memahami apa yang dipelajari. Boro-boro berpikir untuk mendapat ide : bisa dijadikan tesis gak ya? Ditambah lagi dengan kesibukan kerja dan sebagai ibu rumah tangga. Bisa nyambung dengan materi yang sedang dibahas saja, sudah Alhamdulillah. Saya yang nota bene berasal dari kependidikan matematika ini. Sudah meninggalkan bangku kuliah sejak tahun 1998.

Karena mayoritas mata kuliah wajib diprogram ini adalah tentang aljabar. Maka saya mencoba mengambil salah satu topik didalamnya. Tentang: An Introduction to Algebras. Walau hanya An Introduction. Dua minggu saya mempelajari. Hanya dapat memahami dua halaman dari buku Graduate Text in Matematics : Algebra. Bab 18. Tulisan Mr Thomas W.  Hungerford. Itu juga hanya membicarakan definisi-definisi. Namun saya tetap menemui dosen pembimbing. The show kan must go on. Membicarakan permasalahan saya tersebut.

Alhamdulillah beliau membantu dengan memberikan jurnal aplikasi matematika. Waktu saya baca judulnya. Saya belum memahami maksud judul tersebut. Baca bagian satu: introduction juga belum nyambung maksudnya. Alhamdulillah. Dosen pembimbing saya memberi arahan tentang apa-apa saja yang harus saya pahami.

Then… the journey of learning is began. Bismillah. Kriptografi, Polinom Chebyshev, dan Matlab.

Leave a Reply

