Kriptografi

Kriptografi adalah suatu teknik dan seni merahasiakan pesan. Bagaimana cara (paling tidak) dua orang saling bertukar pesan secara aman. Artinya, bahwa hanya orang-orang yang terlibat dalam komunikasi tersebut yang mengerti maksud pesan terkirim.

Kriptografi mencakup enkripsi dan dekripsi. Enkripsi adalah suatu proses mentransformasikan pesan yang hendak dikirim (plaintext) sedemikian sehingga menjadi suatu pesan yang tidak dapat dimaknai (ciphertext). Dekripsi merupakan invers dari enkripsi, yaitu suatu proses mengembalikan ciphertext menjadi plaintext. Enkripsi dan dekripsi memerlukan bantuan yang disebut kunci.

Dalam proses enkripsi dan dekripsi, ada yang menggunakan kunci yang sama, namun ada pula yang menggunakan sepasang kunci yang berbeda. Masing-masing proses enkripsi, dekripsi, dan pembangkitan kunci dibuat berdasarkan suatu algoritma. Suatu algoritma dibuat berdasarkan fungsi-fungsi matematika.

Contoh penggunaan kriptografi dalam kehidupan sehari-hari adalah pada saat sesorang mengentry password emailnya, atau mengentry PIN kartu ATM/Kredit pada transaksi non tunai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s