Journey of Learning Part 2

Menjelang akhir semester tiga. Belum dapat topik untuk penelitian tesis. Bingung. Kadang linglung. Sampai salah ingat tanggal terakhir bayar SPP. Jadi telat bayar. Bolak balik antara dekanat dan rektorat guna meminta denda yang sebesar 50% dari biaya kuliah dihapuskan. Hanya ada dua pilihan. Pertama: jika ingin denda dihapus maka harus cuti. Kedua: jika tidak ingin cuti maka harus bayar denda. Nekat tidak mau cuti. Karena cuma punya dana sebesar SPP maka itu saja yang disetor. Sisanya boleh dicicil selama dua bulan. Peraturannya begitu.

Akhirnya dapat juga topik penelitian. Bingung lagi. Gak ngerti. Tanya teman-teman. Ternyata pada awalnya mereka juga sama seperti saya. Bingung dengan jurnal yang akan jadi topik penelitian. Penelitian saya tentang kriptorafi. Baca-baca referensi. Mulai nyambung mau ngapain dan mulai dari mana. Ada tiga hal dalam kriptografi. Pembangkitan kunci, proses enkripsi, dan proses dekripsi. Ceritanya gini. Ketika seseorang bermaksud mengirim pesan rahasia (plaintext) kepada pihak lain. Maka plaintext melalui proses enkripsi ditransformasikan menjadi ciphertext. Ciphertext inilah yang dikirim kepada pihak penerima. Pihak penerima melakuan proses dekripsi untuk mengembalikan ciphertext menjadi plaintext. Dalam proses enkripsi dan dekripsi keduanya memerlukan kunci.

Dalam peneletian saya, pengirim dan penerima sudah sepakat melakukan pertukaran kunci dengan menggunakan algoritma Diffie Hellman yang berdasarkan polinomial Chebyshev. Awalnya saya bermaksud menggunakan algoritma El Gamal untuk proses enkripsi dan dekripsi. Masalahnya adalah ketika melakukan proses denkripsi, itu ciphertext gak bisa balik ke plaintext. Hal ini terjadi karena monomial x^n pada algoritma Diffie Hellman diganti dengan polinomial Chebyshev. Sedangkan pada algoritma El Gamal tetap pakai monomial x^n. Pusing dah.

Awal bulan Mei baru menemukan algoritma yang tepat untuk proses enkripsi dan dekripsi. Alhamdulillah. Masalah berikutnya adalah pemilihan polinomial Chebyshev dalam bentuk trigonometri kadang kala menyebabkan kunci rahasia antara pengirim dan penerima tidak sama. Baca lagi referensi tentang polinomial Chebyshev. Akhirnya dipilihlah perhitungan polinomial Chebyshev dengan menggunakan relasi rekursif.

Kolokium dan sidang magister semakin dekat. Deg-degan. Masih kurang percaya diri juga. Tetapi hal tersebut kan harus dihadapi. Maka waktu acara rapat kerja di Lembang ada flying fox. Langsung uji nyali. Terapi mental. Empat kali bolak balik. Plus teriak-teriak sepuasnya.

Hari itu tiba. Salah satu yang sangat berkesan adalah ketika saya mati gaya karena gak punya ide untuk membuktikan salah satu persamaan yang terdapat dalam tesis saya. Itu persamaan kutipan dari salah satu jurnal. Tentang relasi kongruensi. Berdiri menghadap whiteboard dengan kepala pusing. Mau nulis apa nih untuk membuktikannya. Alhamdulillah. Para penguji memberi petunjuk sampai saya bisa membuktikan persamaan tersebut.

Mengapa sangat berkesan? Karena teringat pengalaman ketika saya masih pelajar kelas 2 SMA dijurusan A1. Ada salah satu guru saya yang memiliki cara mengajar cukup ekstrem menurut saya. Saya dan teman-teman secara bergiliran diminta mengerjakan soal latihan ulangan dipapan tulis. buku paket yang kami bawa didepan papan tulis itu harus bersih dari option jawaban yang benar sekaligus bersih juga dari cara perolehan jawaban.

Masalahnya adalah materi dalam bab tersebut belum diajarkan. Nah sang guru baru menerangkan materi tersebut pada pertemuan berikutnya. Setelah hampir semua murid sudah pernah maju ke depan kelas. Kadang kala dari sejumlah soal latihan ulangan yang terletak dipenghujung bab itu ada yang tidak dapat diselesaikan oleh saya. Pada suatu hari saya mendapat soal yang tidak dapat saya selesaikan. Tidak diberi petunjuk. Dan sayapun berdiri didepan papan tulis sampai jam pelajaran tersebut selesai. Sampai hari ini saya tidak pernah suka dengan mata pelajaran tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s