Journey of Learning part 4

Pusing. Karena jumlah minimal sks mata kuliah untuk memprogram mata kuliah tesis sudah terpenuhi. Semester tiga sudah selesai. Namun belum menemukan materi yang akan dijadikan topik penelitian tesis.

Dengan mengumpulkan segenap keberanian saya menemui salah seorang dosen. Saya berharap beliau bersedia membimbing saya. Alhamdulillah beliau bersedia. Berdasarkan diskusi dengan beliau, maka dipilihkanlah jurnal yang akan jadi topik penelitian tesis saya. Pelajari ya. Begitu pesannya. Beliau memperkirakan bahwa saya dapat menyelesaikan penelitian ini dalam waktu satu semester. Dan saya sangat mempercayai itu.

Berikutnya adalah bahwa saya bisa menemui beliau untuk konsultasi setiap hari kamis jam 10.00 WIB. Maka saya selalu berusaha menemui beliau setiap hari kamis sesuai jadwal. Membawa hasil pemahaman-pemahaman saya terkait dengan topik tesis saya. Beberapa kali saya salah memahami hal-hal dalam penelitian saya itu. Namun segera saya perbaiki. Salah satu yang menyemangati saya adalah ketika beliau mengatakan good luck kepada saya. Selama bimbingan, Saya mendapatkan good luck dari beliau sebanyak tiga kali.

Kemudian salah satu yang menantang adalah bahwa saya harus mempelajari bahasa pemrograman Matlab. Saya membeli sekaligus tiga buku tentang bahasa pemrograman Matlab. Tahun 1998 saya pernah mempelajari bahasa pemrograman Turbo Pascal. Jadi saya pun mempelajari Matlab sambil membandingkannya dengan Turbo Pascal.

Leave a Reply

