Usia 30an Tahun dan Usia Menjelang 40 Tahun

Semalam, saya menemani anak-anak saya menonton film animasi Shaun The Sheep. Walaupun dapat dikategorikan sebagai film anak-anak, ternyata pada sesi iklan terdapat sejumlah iklan yang ditujukan untuk kaum perempuan dewasa. Iklan-iklan yang dimaksud adalah iklan shampo dan iklan perawatan kulit wajah.

Saya sendiri insyaAllah bukan termasuk golongan perempuan-perempuan korban iklan. Namun gemar memperhatikan keganjilan-keganjilan dalam sebuah iklan. Sebagai contoh ada satu iklan tentang produk perawatan kulit wajah anti kerutan.

Dalam sebuah iklan perawatan kulit. Iklan tersebut diawali dengan adegan seorang wanita muda yang mendapati kerutan di sekitar matanya. Wanita ini dikisahkan berusia 30 tahun. Wanita tersebut menyampaikan keluhan tentang kerutan dimatanya itu pada salah seorang pesohor yang berinisial  CM. Pesohor tersebut menunjukkan dua buah foto pesohor lain yang berinisial RT. Pesohor CM mempersilakan wanita muda itu memperhatikan kedua foto pesohor RT. Sembari pesohor CM mengatakan pada wanita tersebut bahwa wajah pesohor RT tidak ada perubahan.

Tanyangan berikutnya diperlihatkan dua buah foto pesohor RT. Foto disebelah kiri berketerangan usia 30 tahunan dan foto disebelah kanan berkerangan usia menjelang 40 tahun. Kedua foto tersebut memang tidak terlihat berbeda. Seolah-olah pesohor RT tidak mengalami pengerutan disekitar matanya.

Melihat kedua foto tersebut beserta keterangannya membuat saya ingin tertawa geli. Foto-fotonya sih tidak ada yang salah. Pun dengan keterangan mengenai kapan foto tersebut dibuat. Namun jika dicermati lebih lanjut keterangan-keterangan mengenai foto tersebut saya dapat menjelaskan bahwa foto-tersebut bisa jadi dibuat pada saat usia yang sama.

Secara matematika, dalam satuan tahun, keterangan usia 30 tahunan dapat ditafsirkan bahwa usia yang dimaksud adalah 31, 32, 33, …, 39. Sedangkan usia menjelang 40 tahun, saya dapat memilih usia 37, 38, dan 39, yang mana hal ini dapat dikategorikan sebagai usia 30 tahunan juga.Jika pesohor RT difoto pada usia 39 maka tentu saja usia ini dapat dikategorikan usia 30 tahunan dan usia menjelang 40 tahun. Tentu saja pasti kedua foto tersebut tidak akan terlihat bedanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s