Sampai Gladi Bersih Saja

Pada suatu masa ditahun 1994, setelah saya menamatkan pendidikan SMA. Pernah saya berkeinginan menempuh kuliah di jurusan matematika pada salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia. Namun karena saya melihat data tahun lalu bahwa begitu banyak yang mendaftar ke sana, saya mengurungkan niat saya tersebut. Saya memilih salah satu perguruan tinggi di Jawa Timur. Pertama sempat kaget juga dengan suasana di sana. Karena sudah menjadi pilihan saya, maka the show must go on. Saya lulus juga menempuh program sarjana pendidikan matematika dari perguruan tinggi ini.

Saya tetap menyimpan keinginan bahwa suatu saat nanti saya akan menempuh kuliah di jurusan matematika pada perguruan tinggi terkemuka tadi. Alhamdulillah, lima belas tahun kemudian keinginan saya tersebut terwujud. saya berkesempatan menempuh pendidikan magister matematika di sana pada tahun 2009. Salah satu tujuan saya menempuh pendidikan magister matematika adalah agar saya dapat menyampaikan materi mata pelajaran matematika secara lebih sederhana. Seperti kata Einstein “If you can’t explain something simply then you don’t understand it well enough.” Tulisan itu ada hampir disetiap ruang kuliah saya. Alhamdulillah, tanggal 26 Juni 2011, saya dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan gelar akademik Magister Sains.

Karena kangen dengan suasana upacara wisuda, maka saya mendaftarkan diri mengikuti upacara wisuda. Kegiatan wisuda yang diadakan oleh universitas ada dua. Pertama gladi bersih, dilaksanakan hari Rabu 15 September 2011 pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai. Agenda gladi bersih ini diantaranya adalah pemberian ucapan selamat dari rektor disertai dengan foto bersamanya. Agenda kedua pada hari Sabtu 17 September 2011 pukul 09.00-11.00 WIB.

Ndilalah pada hari-hari tersebut saya mendapat tugas mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). Khusus pada Rabu, 15 September 2011 juga ada kegiatan dinas pengarahan Pra Jabatan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Jadi hari rabu tersebut saya memiliki tiga kegiatan yang berbeda. Ketika saya mengemukakan permasalahan saya tersebut kepada penanggung jawab PLPG, beliau mengatakan saya diperbolehkan memilih satu hari saja untuk ijin. Saya memilih ijin pada hari Rabu, 15 September. Upacara wisuda saya hanya sampai gladi bersih saja😥

2 thoughts on “Sampai Gladi Bersih Saja

Leave a Reply

