Selamat Hari Guru

Pada suatu masa. Setelah hampir selama sepuluh tahun tidak lagi menjadi murid. Datanglah masa dimana saya diberikan kesempatan menjadi murid (mahasiswa) di salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia.

Selama mendapat kesempatan belajar itulah, saya merasakan bahwa semakin banyak belajar matematika maka semakin saya menyadari bahwa hanya sedikit yang saya ketahui tentang matematika. Latar belakang pendidikan saya sebelumnya tidaklah cukup untuk menjembatani materi-materi kuliah saya sekarang.

Saya hanyalah seorang murid yang biasa-biasa saja. Sampai saat tesis menjelang. Saya masih saja kebingungan mencari topik penelitian saya. Alhamdulillah. Salah satu dosen bersedia membimbing saya. Ketika beliau memberikan topik penelitian, beliau mengatakan bahwa saya dapat menyelesaikan penelitian ini dalam satu semester. Sebenarnya saya pusing juga waktu baca jurnal dari beliau. Pusing karena tidak mengerti apa yang jurnal tersebut bicarakan. Namun karena beliau telah mengatakan bahwa saya dapat menyelesaikannya dalam satu semester maka hal tersebut menjadi penyemangat buat saya. Sebagai murid, saya sangat termotivasi untuk menyelesaikan penelitian ini. Walau sebelumnya saya merasa bahwa saya hanyalah seorang murid yang biasa-biasa saja.

Selama dalam proses bimbingan saya mendapat sebanyak tiga kali ucapan “Good Luck” dari beliau.

Good luck pertama, pada saat saya berdisikusi dengan beliau mengenai kendala saya, bahwa saya belum menemukan algoritma yang tepat untuk proses dekripsi. Beliau mempercayakan kepada saya mengenai algoritma dan aplikasinya dalam bahasa pemrograman Matlab. Dekripsi adalah suatu proses untuk mengembalikan pesan ter-enkripsi agar kembali menjadi pesan yang dapat dimengerti maknanya oleh penerima pesan. Ini adalah masalah terbesar saya dalam penelitian tesis.

Good luck kedua, pada saat menjelang seminar kemajuan penelitian tesis.

Good luck ketiga pada saat menjelang sidang magister dan kolokium. Pada saat itu saya mengatakan kepada beliau bahwa saya sangat khawatir jika ditanya mengenai hal-hal yang luput dari perhatian saya.

“Selamat Hari Guru”. Terima kasih untuk para guru atas segala motivasi yang telah diberikan.

Leave a Reply

