Tips Menyelesaikan Skripsi/Tesis

Berdasarkan kamus bahasa Indonesia, skripsi/tesis dapat dimaknai sebagai karya ilmiah dari seorang mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana/magister.  Menilik dari arti kata skripsi/tesis, saya berpendapat bahwa skripsi/tesis adalah proyek pribadi mahasiswa yang bersangkutan.

Terdapat suatu topik yang akan diteliti dalam skripsi/tesis. Hasil penelitian tersebut ditulis dalam bentuk karangan ilmiah. Peran dosen pembimbing adalah memastikan bahwa mahasiswa yang sedang menyusun skripsi/tesis berada dalam koridor penelitiannya.

Berikut ini adalah sejumlah saran dari saya dalam menyelesaikan skripsi/tesis.

1.  Harus rajin membaca. Untuk dapat menceritakan suatu hal maka seorang penulis harus menguasai hal yang akan ditulisnya.

Hal pertama yang harus pahami adalah jurnal yang akan menjadi topik penelitian. Berdasarkan tanya jawab saya dengan sejumlah teman, Sebagian mereka belum dapat langsung mengerti, ketika pertama kali membaca jurnal yang akan jadi topik penelitian.

Bacalah buku-buku yang menjadi referensi jurnal tersebut dan buku-buku yang berkaitan dengan topik penelitian.

2.  Bacalah panduan penulisan tugas akhir yang diterbitkan oleh perguruan tinggi dimana mahasiswa kuliah, agar penulisan karya ilmiahnya sesuai dengan aturan diperguruan tinggi tersebut.

3.  Mengingat bahwa seorang dosen pembimbing memiliki lebih dari satu mahasiswa bimbingan. Maka berkonsultasilah secara rutin kepada dosen pembimbing. Kehadiran mahasiswa secara rutin akan memudahkan dosen pembimbing, karena beliau insyaAllah akan lebih ingat dengan apa yang menjadi topik penelitian mahasiswa bimbingannya.

4.  Berdiskusi dengan teman-teman yang memiliki pengetahuan dan ketertarikan dengan topik penelitian tersebut.

5.  Jangan khawatir melakukan kesalahan. Jika terjadi kesalahan maka janganlah berputus asa, namun bersegeralah memperbaikinya.

6.  Mohon doa restu pada orang tua (jika masih ada) dan suami/istri (jika telah berkeluarga).

7. Jika segala usaha telah dilakukan secara maksimal maka berdoalah. Semoga Allah SWT memberikan kelancaran sesuai dengan yang diharapkan.

Demikianlah. Semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Tips Menyelesaikan Skripsi/Tesis

    • Sebenarnya pembimbingmu tidak killer. Dia hanya ingin memastikan bahwa kamu benar-benar memahami apa yang kamu tulis. Untuk itu banyak-banyaklah membaca buku penunjang penelitian kamu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s