Jkt, Bali, Yogya, dan Jkt

Saya telah bekerja di sekolah ini sejak tahun 2002. Setiap tahun ada program pembelajaran kontekstual ke luar kota untuk siswa-siswi kelas sebelas SMA. Saya sudah pernah jadi wali kelas sebelas sebanyak empat kali. Baru tahun ini berkesempatan mendampingi. Saya berharap semoga semua baik-baik saja.

Tujuan perjalanan kami kali ini adalah pulau Bali dan Yogyakarta. Tanggal 5 Mei s.d. 11 Mei 2012.  Perjalanan pergi pulang menggunakan bus. Perjalanan dengan menggunakan bus adalah pilihan siswa. Saya, sebagai manusia yang sudah mulai merasa tidak muda lagi, sebenarnya merasa was-was akan kesehatan saya. Ya, tapi dicoba dulu saja.

Dari sepuluh rombongan belajar kelas sebelas, alhamdulillah, hanya siswa di kelas saya ini yang seluruhnya berpartisipasi. Sementara sebagian siswa dikelas lain memilih menggunakan pesawat terbang, semua siswa dikelas saya kompak memilih naik bus.

Perjalanan kali ini menggunakan tujuh bus. Bus saya nomor 1. Penumpang terdiri dari dua orang guru, dua orang dari travel, tiga orang awak bus, 32 siswa kelas sebelas ips 1, dan sebagian siswa kelas sebelas ips 3. Sebelum memulai perjalanan ini, saya dan anak-anak  membuat kesepakatan bahwa kami akan duduk berdampingan dengan jenisnya. Maksudnya adalah perempuan duduk dengan perempuan, laki-laki duduk dengan laki-laki. Ini demi keamanan, keselamatan. dan kenyamanan semua pihak😀

Tujuan kami selama di pulau Bali adalah Kintamani, desa Panglipuran,Tanjung Benoa, pantai Legian, Garuda Wisnu Kencana, pantai Jimbaran, Tanah Lot, dan Bedugul. Pemandangan alam di pulau Bali sangat indah.

Tujuan berikutnya adalah Yogyakarta, lebih tepatnya adalah kawasan Malioboro. Disini saya membeli cukup banyak baju batik, mengingat seragam dalam lima hari kerja, dua hari diantaranya yaitu kamis dan jumat, adalah batik.

Ini benar-benar perjalanan pertama saya bersama rombongan siswa. Selama diperjalanan, saya memperhatikan bahwa anak-anak menikmati perjalanan mereka.

Leave a Reply

