Pecahan Dua Ribu Rupiah

Lalu lintas siswa menuju sekolah masing-masing dikabarkan menyumbang 14% kemacetan Jakarta. Atas dasar itu maka Pemda DKI menetapkan jam masuk sekolah adalah 06.30 WIB pada tahun 2009. Harapannya adalah untuk mengurangi kemacetan. Sudah empat tahun berjalan, Jakarta tetap saja macet.

Sebagai orang yang bekerja di Jakarta, namun tidak tinggal di Jakarta, maka saya tidak dapat bergantung pada angkutan umum. Saya harus berangkat jam 05.00 WIB agar tiba disekolah sebelum jam 06.00. Saya menggunakan jasa bus karyawan. Murah meriah, dengan hanya IDR 5000 saya sudah sampai sekolah tempat saya bekerja. Dari pada menggunakan mobil pribadi, selain berbiaya besar, berbahaya pula jika mengemudi dalam keadaan ngantuk. Lebih menarik untuk melanjutkan tidur selama perjalanan🙂

Pagi ini seorang teman mengatakan bahwa bus langganan kami tidak dapat menjemput, karena ada yang carter. Kami memutuskan naik bus Mabes TNI.

Bus Mabes TNI tidak lewat daerah tempat saya kerja. Jika menumpang bus ini saya harus turun didepan kantor PT Gudang Garam untuk kemudian menumpang angkutan berikutnya.

Ketika kondektur menagih ongkos, dan saya mengeluarkan selembar pecahan lima puluh ribuan. Kondektur berkata: “Gak ada kembalinya, Bu.” Dalam hati saya: “Wah, gimana nih.” Saya benar-benar gak punya pecahan yang lebih kecil dari itu.

Lebih celaka lagi adalah bagaimana saya membayar angkutan selanjutnya yang hanya membutuhkan selembar pecahan dua ribuan? Galau. Teringat teman yang sering menawarkan tumpangan. Segera saya mengirim sms padanya.

Saya lebih dahulu tiba di depan kantor PT Gudang Garam. Gelisah. Mengapa teman saya lama ya? Sekilas saya melirik Pak Polisi yang sedang bertugas, tidak jauh dari tempat saya berdiri. Saya telepon teman saya, gak diangkat. Makin galau nih.

Kalau teman saya tidak tahu lokasi saya berdiri ini, saya berniat minta bantuan Pak Polisi😀

Leave a Reply

