Sekolah, Ujian, dan Wisata

Tahun 2009 adalah tahun sekolah.

Di tahun 2009 saya mendapat beasiswa International Master Program on Mathematics Education at University of Utrecht the Netherlands. Namun karena satu dan lain hal saya mengundurkan diri. Sangat sedih waktu memutuskan hal itu. Saya menyadari bahwa mungkin saja tidak pernah akan ada lagi kesempatan yang sama. Tetapi hidupkan harus tetap terus berjalan.

Saya mencoba mendaftar program magister matematika pada salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Suatu perguruan tinggi yang pernah saya idam-idamkan lima belas tahun yang lalu. Alhamdulillah saya diterima kuliah disini. Perjuangan dimulai. Mengingat kembali materi-materi kuliah sarjana yang ternyata masih belum juga dapat menjembatani kuliah saya disini. Saya menganggap kuliah saya disini sebagai perpaduan antara kerja keras dan keberuntungan.

Tahun 2011 adalah tahun ujian.

Bulan Juni 2011 saya menjalani sidang magister dan kolokium. Deg-degan. Selain sebagai seorang mahasiswa yang lagi ujian, saya menganggap ini juga pertaruhan profesi saya sebagai guru. Saya adalah produk bimbingan pertama dari golongan guru, oleh dosen pembimbing saya. Alhamdulillah semua baik-baik saja.

Selama sembilan hari dibulan September 2011, saya mendapat panggilan untuk mengikuti program pelatihan profesi guru.  Dalam kegiatan ini saya juga harus menjaga nama baik almamater saya yang nota bene perguruan tinggi terkemuka di Indonesia tadi.

Selama dua puluh satu hari non stop dibulan November – Desember 2011,  saya mengikuti pendidikan dan latihan pra jabatan di Cipageuran kabupaten Bandung. Beberapa hari pertama disini saya sering bertanya dalam hati :”Kenapa sih harus ikut pendidikan dan pelatihan kaya gini?” Tau gak? disana tuh setiap  hari setelah pelajaran berakhir, saya rajin menyilang jadwal hari itu😀 . Keesokan paginya sayapun tidak lupa menghitung berapa hari lagi ya selesai? Saya mendapat peringkat tiga terbaik loh dari empat puluh orang teman seangkatan.

Tahun 2012 adalah tahun wisata.

Pada hari pertama ditahun 2012, kegiatan saya diawali dengan jalan-jalan ke kota Malang selama tiga hari. Malang adalah suatu kota yang menarik. Tentu saja menjadi lebih istimewa dengan sejumlah kenangan saya simpan dengan rapi.

Setelah itu dilanjutkan dengan perjalanan ke pulau Lombok selama tiga hari. pulau Lombok  juga suatu tempat yang indah.

Pertengahan tahun dibulan mei 2012 selama satu minggu, saya mendampingi siswa-siswi ke pulau Bali dan Yogyakarta.

Selama tiga hari dibulan Juli 2012 mengunjungi kepulauan Seribu, yaitu pulau Tidung dan pulau Pramuka.

Dibulan September 2012 mengunjungi Singapura selama tiga hari.

Wisata saya ditutup dengan mengikuti pelatihan guru matematika di Yogyakarta selama dua belas hari.

Dipenghujung tahun 2012 ini, tepat setahun setelah saya mengikuti kegiatan pra jabatan. Saya mendapatkan selembar kertas yang telah saya tunggu sejak sepuluh tahun lalu, ketika saya memulai pengabdian di salah satu SMA Negeri di Jakarta Utara. Saya tidak menganggapnya sebagai suatu hal yang hebat. Hanya buah dari kesabaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s