Seongdong Technical High School

Picture1

Kali ini saya mau cerita tentang Seongdong Technical High School. Disekolah ini saya dan seorang teman akan menghabiskan waktu sampai dengan akhir Desember 2013 nanti.

Pertama tiba dihalaman sekolah ini. Saya bertanya dalam hati : “Ini SMA atau Universitas ya?”  Seongdong berarti kastil disisi timur Seoul. Sekolah ini memiliki luas sekitar 25 000 m persegi. Seongdong Technical High School Korea bermitra dengan Seongdong High School Cina dan Seongdong High School Jepang.

Sekolah ini didirikan    pada tanggal 21 Mei 1937, memiliki motto “Toward the world, Toward the future”. Alamat sekolah: 1 – 8 Heungin – dong, Jung – gu, Seoul  100 – 878. Website http://www.sdth.hs.kr  Special Features dari sekolah ini adalah  Industrial management, Military department, dan Built – up employment.

Sekolah ini merupakan salah satu sekolah kejuruan favorit di Seoul. Dari total 756 siswa. Hanya 49 putri, sisanya putra. Banyak siswa perkelas hanya 20 s.d 25 siswa saja. Jam belajar dimulai dari hari Senin hingga Jum’at pukul 8.30 padi s.d 16.30 sore. Satu hari sekolah hanya belajar 7 jam. Satu jam pelajaran hanya 50 menit. Karena moving class, maka ada waktu 10 menit antar pergantian jam pelajaran.  Walau hanya ada 32 rombongan belajar, ruang di sekolah ini lebih dari 100. Ruang praktikumnya banyak sekali. Kamu lihat foto yang saya apload itu kan? Itu Seongdong Techinical High School, jika dilihat dari atas.

Pada saat siswa kelas 2, pihak sekolah menjembatani siswanya untuk magang disejumlah perusahaan Korea. Jika siswa berminat maka setamat sekolah ini mereka dapat langsung bekerja diperusahaan tersebut. Dengan demikian, dipastikan bahwa seluruh alumni sekolah ini tersalurkan ke sejumlah perusahaan di Korea.  Setelah tiga tahun bekerja, para alumni ini dapat melanjutkan pendidikan pada jenjang berikutnya (universitas). Posisi mereka diuniversitaspun mendapat tempat yang baik, karena pengalaman kerja mereka itu.

Bagi siswa yang bermasalah, terdapat layanan psikolog profesional.

Semoga suatu saat nanti Indonesia pun bisa seperti ini🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s