Asia Pasific Teacher Exchange for Global Education

Tiga bulan dipenghujung tahun 2013 ini, insyaAllah saya berada di Seoul Korea Selatan. Saya sedang mengikuti Asia Pasific Teacher Exchange for Global Education. Ini program perdana. InsyaAllah program ini akan berlangsung selama 3 tahun kedepan, untuk kemudian dievaluasi.

Diawali pada suatu siang. Wakil bidang kurikulum menawari saya untuk mengikuti program pertukaran guru ke Korea Selatan. Saya menanyakan apa saja persyaratannya. Kemudian beliau menyampaikan persyaratannya. Persyaratannya antara lain:  guru mapel sains, matematika, bahasa inggris, atau kesenian; sarjana; PNS;  tidak dalam 10 tahun menjelang pensiun; memiliki paspor; dan lebih disukai memiliki kemampuan berbahasa inggris dengan baik. Setelah itu saya kirimlah berkas saya ke Kemendikbud.

Beberapa lama setelah itu, saya diundang technical meeting. Saya bingung juga. Kok tau – tau udah technical meeting. Saya tidak merasa istimewa (apalagi hebat) karena dapat mengikuti program ini. Lha saya merasa tidak menyisihkan siapapun. Hanya mengirim berkas. Itu saja. Anggap saja bahwa saya sedang beruntung. Alhamdulillah.

Kemudian pada saat technical meeting, saya mengetahui bahwa program ini dibiayai seluruhnya oleh pemerintah Korea Selatan melalui organisasi Asia Pacific Centre of Education for International Understanding (APCEIU). organisasi ini berada dibawah naungan UNESCO.

Maka selama tiga bulan kedepan saya dan 12 orang teman guru yang semuanya berasal dari Jakarta, membawa misi memperkenalkan budaya Indonesia di sekolah – sekolah Korea yang telah ditunjuk.

One thought on “Asia Pasific Teacher Exchange for Global Education

Leave a Reply

