Kelas Matematika di Seongdong

Masih cerita tentang Seongdong Technical High School. Luas  setiap ruang belajar disekolah Seongdong adalah 66 m persegi. Masing – masing kelas berisi sekitar 25 siswa. Disetiap kelas terdapat satu unit monitor (layar sentuh) yang ukurannya relatif besar. Monitor ini memiliki sejumlah fungsi, antara lain sebagai papan tulis elektrik, infokus, dan komputer. Terdapat juga papan tulis berwarna hijau, berbentuk persegi panjang, dan agak cekung. Bentuk cekung dipilih, sepertinya agar siswa tetap dapat membaca tulisan darimanapun posisi duduknya.

Kegiatan saya minggu ini adalah ikut serta dalam  empat kelas matematika. Terdapat empat guru matematika di sekolah Seondong. Ada tiga orang guru matematika yang saya ikut serta dalam kelasnya. Di sekolah ini, satu sesi pelajaran (materi di kelas) hanya sekitar 50 menit. Untuk kelas matematika dalam satu hari, paling hanya satu sesi.

Saya ikut serta dalam kelas matematika dari guru Kim Dok Wan, Lee Sok Yong, dan Han Seng Su. Guru Kim Dok Wan dan Han Seng Su termasuk guru sepuh di sekolah ini. Sementara guru Lee Sok Yong sepertinya masih berusia sekitar 30an tahun atau 40an tahun.

Kelas pertama adalah kelas 2 – 10. Guru matematika kelas ini adalah Kim Dok Wan. Materi yang diajarkan adalah Persamaan dan Pertidaksamaan Logaritma. Kelas kedua adalah kelas 1 – 6. Guru matematika kelas ini adalah Lee Sok Yong.  Materi   yang sedang berlangsung adalah Komposisi Fungsi dan Invers Fungsi. Kelas ketiga adalah kelas 2 – 4, Guru matematika kelas ini adalah Han Seng Su. Materi yang dibahas adalah Barisan. Sementara kelas keempat adalah kelas 1 – 1. Guru kelas ini adalah Han Seng Su. Materinya sama dengan materi pada kelas 1 – 6.

Dari keempat kelas matematika yang saya ikuti, semua guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Namun perbedaan kegiatan belajar mengajar dengan kelas matematika di Indonesia pada umumnya adalah dari bagaimana cara guru menyampaikan materi. Sebagai contoh pada saat kegiatan belajar mengajar Barisan.

Guru Han Seng Su menyajikan sejumlah contoh barisan secara bertahap, kemudian menanyakan suku berikutnya untuk masing – masing barisan tersebut, jika ada. Berikut ini adalah sejumlah contoh yang disajikan.

1.      1, 2, 3, 4, ….

2.      1, – 1, 1, – 1, 1, ….

3.      1, – 3, 5, – 7, 9, – 11, ….

4.      5, 3, 8, 2, 7, ….

5.      1, 3, 5, 7, 9, ….

6.      1, 4, 7, 10, 13, ….

7.      ½, ¼, 1/8, ….

8.      2, 4, 8, 16, ….

9.      1, 11, 111, 1111, ….

10.  9, 99, 999, 999, ….

Misalkan, pada salah satu contoh, beliau menyajikan suatu barisan 1, 4, 7, 10, 13, … kemudian menanyakan kepada siswa: tentukanlah suku berikutnya. Sejumlah siswa menjawab 16.

Setelah itu beliau menyajikan lagi secara bertahap sejumlah contoh barisan. Kemudian beliau menanyakan kepada siswa: bagaimakah formula suku ke–n untuk masing – masing barisan tersebut. Berikut ini adalah sejumlah contoh yang disajikan.

1.        1, 2, 3, 4, 5, ….

2.        1, – 1, 1, – 1, 1, ….

3.        1, 4, 7, 10, 13, ….

4.        4, 7, 10, 13, 16, ….

5.        5, 7, 9, 11, ….

6.        ½, ¼, 1/8, 1/16, ….

7.        2, 4, 8, 16,32, ….

8.        1, 1/2, 1/3, 1/4, 1/5, 1/7, ….

9.        1, 11, 111, 111, 1111, ….

10.    9, 99, 999, 9999, 99999, ….

Misalkan, pada salah satu contoh, beliau menyajikan suatu barisan 4, 7, 10, 13, …. Kemudian menanyakan bagaimanakah formula suku ken untuk barisan ini. Dia memberikan kesempatan pada siswa sampai menemukan sendiri  formulanya, yaitu 3n + 1.

Selama pelajaran berlangsung, guru Han Seng Su tidak pernah memberikan formula (rumus) suku ken suatu barisan.

One thought on “Kelas Matematika di Seongdong

  1. Menarik..

    Saya tertarik untuk mengetahui langkah yang Ibu Han Seng Su lakukan ketika ada siswa yang ternyata kesulitan dalam menemukan rumus suku ke-n dari suatu barisan tersebut.

    Maksud saya, bagaimana guru tersebut melakukan ‘scaffolding’.. Mohon di share..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s