Beberapa Kelas di Seongdong

Jika pada minggu – minggu sebelumnya saya mengamati kelas – kelas matematika dan bahasa inggris, maka pada minggu berikut ini, saya berkesempatan mengamati sejumlah kelas mata pelajaran yang berbeda – beda. Kelas – kelas tersebut adalah kelas kepribadian, kelas biologi, kelas praktikum elektronik, dan kelas bahasa pemrograman.

1. Kelas Kepribadian
Dalam kelas kepribadian, seorang guru menerangkan tentang sejumlah tipe kepribadian dengan menggunakan media infokus. Setelah itu semua siswa dikelas itu diminta mengisi angket. Isian siswa dalam angket tersebut akhirnya akan menyimpulkan tipe yang sesuai dengan kepribadiannya.

2. Kelas Biologi
Pada saat itu, kelas biologi sedang membicarakan struktur DNA. Guru biologi menayangkan film mengenai DNA. Dia juga menambahkan/menegaskan beberapa informasi mengenai DNA. Kemudian dia membagikan satu set puzzle DNA perdua orang siswa. Masing – masing dua orang siswa ini diberi kesempatan untuk merangkai DNA. Saya perhatikan bahwa merangkai puzzle DNA bukanlah hal yang mudah. Saya tertarik dengan puzzel tersebut. Ketika saya tanyakan dimana membelinya? Beliau malah memberi saya satu set. Alhamdulillah🙂

Kelas yang berisi materi diadakan diruang kelas siswa yang bersangkutan. Guru mata pelajaran datang ke masing – masing kelas tersebut. Namun pada saat praktikum masing – masing kelas tersebut (yang hanya berisi sekita 25 siswa) dibagi menjadi dua bagian. Dengan demikian guru dikelas praktikum hanya mengawasi sekitar 12 siswa saja. Sebagai contoh, pada suatu kelas, sebagian siswa mengikuti praktikum elektronik, sementara sebagian yang lain mengikuti kelas bahasa pemrograman. Pada pertemuan berikutnya nanti, pada jam yang sama maka siswa yang telah mengikuti bahasa pemrograman akan mengikuti kelas praktikum elektronik, dan begitu pula sebaliknya.

3. Kelas Praktikum Elektronik
Kelas praktikum elektronik hanya berisi sekitar 12 siswa. Masing – masing siswa sedang merangkai alat listrik untuk mencacah bilangan. Setiap siswa memiliki kertas model rangkaian listrik yang dibuat. Mereka menandai bagian – bagian mana yang telah dibuat. Kemudian siswa – siswa itu dibantu oleh guru memeriksa apakah rangkaian buatan mereka telah berfungsi dengan baik. Jika belum berfungsi dengan baik, maka mereka memperbaikinya.

4. Kelas bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman yang digunakan dalam kelas ini adalah bahasa C+. Guru menjelaskan algoritma yang digunakan dan bagaimana  menerapkannya dalam bahasa pemrograman dengan menggunakan infokus. Program yang siswa buat saat itu adalah program untuk melakukan pencacahan bilangan.

Karena masing – masing kelas praktikum hanya berisi tidak lebih dari 12 siswa saja, maka guru lebih dapat memperhatikan perkembangan siswa – siswa tersebut.

One thought on “Beberapa Kelas di Seongdong

  1. Terlebih untuk saat ini di Indonesia peminat kelas di bidang Teknologi atau Bahasa Pemrograman sudah sangat membludak, sehingga dengan keadaan ini diharapkan para pelajar bisa memberikan sesuatu hal yang baru untuk kemudahan dan solusi semua orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s