Selamat Tinggal Seoul

Akhirnya, pada hari Jum’at 27 Desember 2013 saya kembali ke Indonesia.

Hari terakhir di Seoul. Antara senang dan sedih. Senang karena akan pulang ke Indonesia. Sedih karena tidak tahu kapan bisa datang lagi mengunjungi Korea. Karena terus terang saja ongkos naik pesawat udara ke Korea pergi pulang dan biaya hidup yang tinggi, membuat saya berpikir jika punya sejumlah dana yang sama, ya mending pergi umroh saja atuh.

Dari salah satu hotel dikawasan Yeouido, kami menuju bandara Incheon dengan menggunakan bus. Saya menikmati pemandangan disepanjang jalan tol. Saya mengenang kembali pertama datang ke Korea di awal bulan Oktober lalu. Di musim gugur yang indah. Sungai yang (selalu) bersih, pohon – pohon yang sekarang tidak berdaun lagi. Kemarin turun salju. Sisa – sisa salju masih ada di sepanjang pinggir jalan.

Saya datang ke Seoul di awal bulan Oktober. Musim gugur sedang berlangsung.  Suhu udara sekitar 12 derajat Celcuis. Dedaunan berwarna – warni. Hijau, kuning, oranye, dan merah. Perlahan daun – daun tersebut berguguran, menyusul suhu udara yang semakin dingin.  Suhu mulai berada di bawah nol derajat Celcius.

Pertengahan bulan November, turun salju. Musim gugur sudah berakhir. Musim dinginpun datang menggantikannya.

Alhamdulillah. saya menyaksikan turun salju sebanyak lima kali  selama berada di Seoul🙂 Pertama kali menyaksikan turun salju, saya penasaran untuk menyentuhnya. Setiap turun salju, saya memandanginya dari balik jendela ruang kerja saya di sekolah Seongdong. Menyaksikan turun salju adalah kejadian yang amat sangat jarang saya alami, bukan.  Butiran – butiran salju yang ringan itu terombang ambing terbawa angin.  Terkadang mereka seketika menjadi cair ketika menyentuh tanah. Namun terkadang mereka tetap berupa salju ketika menyentuh tanah.

Saya meninggalkan Seoul di akhir bulan Desember, diawal musim dingin. Suhu udara berkisar -9 derajat Celcius.

Selamat tinggal Seoul. I’ll be missing you.

One thought on “Selamat Tinggal Seoul

  1. Baca semua postingan ibu tentang Korea jadi ngerasa lagi ada di Korea … hihi
    Target saya 5 tahun lagi bisa kesana bu, aamiin.. Tapi semoga aja 5 tahun lagi keadaan korea masih damai ya bu hehehe…

Leave a Reply

