Transformasi Geometri Kelas XII

Dibawah ini adalah sejumlah kompetensi dasar materi Transformasi Geometri kelas XII Matematika Peminatan IPA.

3.1 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep matriks dalam sistem persamaan linear dan transformasi dalam geometri koordinat serta menerapkannya dalam memecahkan masalah nyata yang berkaitan.

3.4 Menerapkan konsep dan aturan komposisi transformasi geometri koordinat dalam menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual.

4.1. Merencanakan dan melaksanakan strategi yang efektif dalam mengaplikasikan konsep dan operasi, dan sifat-sifat matriks dalam memecahkan masalah nyata terkait sistem persamaan linier dan transformasi geometri, serta menginterpretasikan menganalisis makna hasil pemecahan masalah.

4.4 Memecahkan masalah dengan menggunakan konsep dan aturan komposisi beberapa transformasi geometri koordinat.

Menyelesaikan permasalahan transformasi dapat dilakukan secara geometri atau secara aljabar. Penyelesaian secara geometri dilakukan dengan pendekatan koordinat, yaitu dengan cara menggambar objek berserta transformasinya pada sistem koordinat Cartesius sedemikian sehingga diperoleh bayangan objek tersebut. Kemudian tentukan persamaan bayangan objek. Sementara penyelesaian secara aljabar dilakukan dengan melibatkan matriks–matriks yang bersesuaian dengan transformasi. Berikut ini adalah contoh soal dan penyelesaian transformasi_12. Sementara untuk contoh soal adan penyelesaian Transformasi Geometri kelas XI Matematika Wajib, silakan baca https://rleni.wordpress.com/2015/05/22/transformasi/

One thought on “Transformasi Geometri Kelas XII

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s