Mendidik Anak

Selama saya menjadi guru di SMA sejak tahun 2002. Ini pertama kali saya mengikuti konferensi kasus. Konferensi kasus adalah semacam dengar pendapat mengenai seorang siswa yang bermasalah (jika tidak ingin dikatakan sebagai pengadilan). Hal ini dikenai terhadap siswa yang melakukan banyak pelanggaran atau pelanggaran berat atas tata tertib sekolah. Dalam koferensi ini yang hadir adalah siswa yang melanggar tata tertib, orang tua siswa tersebut, wali kelas siswa tersebut, kepala sekolah, segenap wakil kepala sekolah, staf kesiswaaan, dan guru-guru yang bersangkutan. Pada umumnya konferensi ini menghasilkan keputusan bahwa  siswa tersebut dikembalikan kepada orang tuanya.

Pelajaran yang saya petik dari kejadian di atas adalah tidak mudah menjadi orang tua. Tidak ada Buku Panduan ataupun Kursus Bagaimana Seharusnya Menjadi Orang Tua. Sebagian yang saya lakukan adalah bertanya kepada orang – orang tua yang memiliki anak – anak baik. Orang – orang tua ini memberi masukan diantaranya adalah:

  1. beri makan anak – anak dari rejeki yang halal;
  2. orang tua harus seiya sekata dalam mendidik anak. Contoh yang tidak baik adalah: si ayah memarahi anak, eh pada saat yang bersamaan si ibu membela si anak di depan ayahnya dan didepan anak tersebut, atau sebaliknya; dan salah satu orang tua (biasanya si ibu) menutupi kenakalan anaknya dari si ayah; dan
  3. ajarkan anak untuk berusaha dalam mencapai apa yang dia inginkan. Contoh yang tidak baik adalah orang tua mengabulkan segala keinginan si anak, sekalipun keinginan si anak ini adalah hal yang mampu dilakukan orang tua. Seorang dosen pembimbing saya menceritakan bahwa ketika anaknya ingin berlangganan majalah maka beliau mensyaratkan si anak harus lancar membaca dahulu. Si anak pada saat itu sedang pada tahap belajar membaca. Sebagai orang dewasa, kita menyadari bahwa tidak semua hal yang kita inginkan pasti kita dapatkan, kita harus berusaha, kadang sudah berusahapun masih tidak dapat juga.

Demikian semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s